Rahasia Miliuner Dunia #1: Miliuner Itu Tidak Suka Menabung!

foto : ilustrasi (ist)

"How many millionaires do you know who have become wealthy by investing in savings accounts? I rest my case." - Robert G. Allen 

Robert Grant Allen adalah penulis buku-buku best seller kelas dunia dan seorang investor.

Buku Robert G. Allen yang terkenal seperti Nothing Down, Creating Wealth, Multiple Streams of Income, dan Multiple Streams of Internet Income.

Pertanyaan yang menarik ditanyakan oleh Robert G. Allen bagi semua orang yang merasa nyaman dengan memiliki tabungan dan deposito.

How many millionaires do you know who become wealthy by investing in saving accounts?

Jawabannya dapat ditebak bahwa sebenarnya menjadi makmur dan kecukupan hanya dengan memulai investasi melalui tabungan dan deposito adalah hal yang sulit. Sulit loh bukan mustahil.

Mengapa sulit? Karena pertanyaannya adalah seberapa besar imbal hasil yang diberikan dari deposito dan tabungan? Keduanya pasti akan memberikan nilai lebih kecil dari kenaikan inflasi sendiri.

Ya si perampok sadar dimana kita dirampok secara sadar dan tidak mampu melawan bernama inflasi. Dan bagaimana caranya bila inflasi yang naik akan selalu lebih tinggi dari bunga tabungan dan deposito kita, kita mampu menjadi kaya hanya bermodal kedunya?

Sehingga diperlukan kesadaran terlebih dahulu bahwa resiko yang kecil seperti berinvestasi pada tabungan dan deposito sebenarnya adalah memiliki hasil akhir yang pasti, pasti apa? Pasti susut investasinya akibat kalah dengan kenaikan harga.

Namun berbeda dengan yang memiliki uang yang sudah berlebih, deposito adalah sebuah instrument yang menarik karena memberikan kepastian.

Contoh sederhana, bila pada saat ini anda mendepositokan uang anda sebesar 10juta rupiah, maka andaikan deposito anda berbunga 10% dalam setahun maka anda memiliki pendapatan atas bunga sebesar 10/12 % dari 10 juta yang artinya hanya 80rb an dalam sebulan.

Bagaimana caranya anda meraih kemakmuran dan kebebasan finansial dan lebih-lebih anda membayangkan menjadi millionair dengan uang itu?

Menjadi makmur artinya adalah anda berkecukupan, bukan berlebihan loh, berkecukupan artinya anda bisa mendapatkan standar hidup layak yang dalam bahasa kerennya dapat kita kenal wealth style.

Wealth style artinya anda memiliki sebuah standar hidup berkecukupan dengan mengedepankan kebutuhan, bukan keinginan.

Bila anda berusaha mengutamakan keinginan anda maka disebut dengan life style.

Bagaimana contohnya? Bila anda makan setiap hari 3x sehari dan makan masakan rumah ataupun membeli makanan di luar sesekali yang tergolong sederhana dan sehat, artinya anda mengutamakan kebutuhan dan anda sedang melakukan wealth style.

Namun bila anda makan 3x sehari dan ingin makan di restoran mahal atau retoran baru a, b dan c maka anda sedang memanjakan keinginan anda, yang padahal kebutuhan anda hanya makan. Hal itu disebut lifestyle.

Namun hal itu semua bukan masalah bagi yang sudah memiliki uang dalam depositonya cukup besar. Menurut penelitian di dunia bila anda memiliki 1juta dolar maka anda masuk dalam kondisi kaya.

Coba kita hitung apabila 1 juta dolar artinya berkisar 10 miliar rupiah anda depositokan, setidaknya dalam setiap bulan deposito anda memberikan bunga 80juta rupiah.

Dan standar kehidupan 80 juta rupiah per bulan untuk di Indonesia sudah masuk dalam kategori mewah.

Sehingga bila anda yang ingin meraih kehidupan lebih baik, dan berpikir depsotio ataupun menabung adalah jalan menuju anda menjadi orang kaya baru, saya kira sudah harus direvisi.

Mulailah berinvestasi, berinvestasilah pada tempat yang tepat dan pelajarilah lebih dahulu agar tidak salah dalam memilih investasi.

Saya jadi teringat kata teman saya, bila anda merasa ingin tercapai impian kekayaan anda dikemudian hari, kurangilah menabung dan perbanyaklah investasi.

Anda sudah memulai investasi?

Ryan Filbert merupakan praktisi dan inspirator investasi Indonesia. Ryan memulai petualangan dalam investasi dan keuangan semenjak usia 18 tahun. Aneka instrumen dan produk investasi dijalani dan dipraktikkan, mulai dari deposito, obligasi, reksa dana, saham, options, ETF, CFD, forex, bisnis, hingga properti. Semenjak 2012, Ryan mulai menuliskan perjalanan dan pengetahuan praktisnya. Buku-buku yang telah ditulis antara lain:Investasi Saham ala Swing Trader Dunia, Menjadi Kaya dan Terencana dengan Reksa Dana, Negative Investment: Kiat Menghindari Kejahatan dalam Dunia Investasi, dan Hidden Profit from The Stock Market, Bandarmology , dan Rich Investor from Growing Investment.
Di tahun 2015 Ryan Filbert menerbitkan 2 judul buku terbarunya berjudul Passive Income Strategy dan Gold Trading Revolution. Ryan Filbert juga sering memberikan edukasi dan seminar baik secara independen maupun bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK).