Influencer BUMN Didorong Kuasai Skill Digital di Workshop ke-10 Jabar

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibawah kepemimpinan Menteri Erick Thohir, terus secara konsisten mendorong Karyawan BUMN agar memiliki kemampuan digital yang mumpuni. 

Dengan gelaran kegiatan Workshop Influencer BUMN Jawa Barat yang dilaksanakan di Hotel Pesona Bamboe Lembang, Bandung, Jawa Barat, mulai 18-20 Juli 2024, jadi salah satu wujud konsistensi tersebut.

Kegiatan ini mengambil bagian sebagai rangkaian ke-10 dari roadshow Workshop Influencer BUMN yang menyasar lingkup seluruh Indonesia.

Dengan melibatkan 100 orang influencer yang mewakili BUMN Jawa Barat, kegiatan ini memberikan pelatihan mengenai penggunaan media sosial dari mulai menyusun narasi komunikasi, teknik pengambilan konten, hingga manfaat yang didapat dari manajemen media sosial untuk branding.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, yang mewakili Erick Thohir menjelaskan pentingnya branding serta manajemen media sosial yang tepat dalam membentuk gambaran (image) positif sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja perusahaan.

“Influencer berperan sebagai agen perubahan. Sebagai influencer BUMN, penting agar konten-konten yang disebarkan melalui media sosial merupakan pekerjaan positif yang dilakukan oleh BUMN untuk bangsa,” jelas Arya dalam siaran pers yang diterima pada Minggu (21/7).

Arya menilai, konten media sosial dapat membentuk branding serta mengubah pemikiran dan image perusahaan menjadi semakin positif sehingga mendorong kinerja yang semakin baik. 

"Hal itu juga mencerminkan loyalitas sebagai bagian dari AKHLAK BUMN,” ujar Arya.

Adapun kegiatan tersebut terselenggara berkat sinergi Kementerian BUMN dengan Telkom Indonesia, Pertamina, KAI, Biofarma, dan Pos Indonesia.

Workshop ini terbagi menjadi beberapa sesi, diantaranya adalah talkshow mengenai pembentukan narasi dan story telling oleh Marchella FP, seorang penulis yang terkenal melalui karyanya yang berjudul "Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini".

Selain itu, ada juga talkshow dan praktik manajemen sosial serta pengambilan konten oleh Daniel Manihuruk (Co Founder & Content Creator) dan Farhana Noer (Creative Consultant) dari Zando.

Selanjutnya, para influencer BUMN juga diberikan misi untuk membuat konten terkait aset BUMN di Museum Vaksin Biofarma dan Kantor Graha Pos Indonesia.

“Hasil konten dari influencer BUMN Jawa Barat ini sudah baik dan mendalam. Ke depan, konten tersebut bisa dikembangkan lebih lanjut. Selain mengomunikasikan pekerjaan, konten itu bisa membahas isu perusahaan sehingga informasi dapat tersampaikan secara jelas,” tutur Arya. 

Workshop Influencer BUMN Jawa Barat juga mengajak seluruh influencer BUMN Jawa Barat untuk peduli terhadap kesehatan mental melalui acara 1000 Manusia Bercerita. 

Acara ini berkolaborasi dengan platform Menjadi Manusia. Sebagai penutup, kegiatan ini diakhiri dengan lari pagi sejauh 5K bersama perwakilan BUMN Runners Jawa Barat di sekitar daerah Lembang, Bandung.