Cipta Perdana Lancar Incar Dana Sebesar Rp146,2 Miliar dari IPO dan Penerbitan Waran

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Perseroan yang bergerak di bidang Manufaktur Komponen Suku Cadang Otomotif, Elektronik dan Sanitasi, PT Cipta Perdana Lancar Tbk (PART) tengah mengincar dana hingga Rp146,2 miliar melalui aksi penawaran umum perdana Saham atau initial public offering/IPO dan penerbitan Waran.

Mengutip prospektus perseroan pada laman e-IPO, Kamis, 13 Juni 2024 bahwa perseroan akan melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering/IPO sebanyak-banyaknya 680.000.000 Saham Baru dengan nilai nominal Rp25,- setiap saham atau sebanyak-banyaknya 25,00% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan. 

Saham baru ini ditawarkan kepada Masyarakat dengan Kisaran Harga sebesar Rp100,- sampai dengan Rp105,- .

Adapun jumlah seluruh nilai Penawaran Umum adalah sebanyak-banyaknya Rp71.400.000.000,-.

Bersamaan dengan Penawaran Umum ini, Perseroan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 680.000.000 Waran Seri I atau sebesar 33,33% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh, yang diberikan kepada setiap pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada Tanggal Penjatahan secara cuma-cuma, dengan ketentuan bahwa setiap pemegang 1 (satu) Saham Baru akan memperoleh 1 (satu) Waran Seri I dimana setiap 1 (satu) Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 (satu) saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

Waran Seri I adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham Perseroan dengan nilai nominal Rp25,- setiap saham dengan harga pelaksanaan Rp105,- sampai dengan Rp110,- setiap saham.

Pemegang Waran Seri I dapat melaksanakan Waran Seri I menjadi saham Perseroan setelah 12 (dua belas) bulan sejak Waran Seri I diterbitkan, sampai dengan 12 (dua belas) bulan berikutnya, yang tanggalnya sebagaimana dimuat dalam Prospektus yang diterbitkan Emiten dalam rangka Penawaran umum.

Pemegang Waran Seri I tidak mempunyai hak sebagai pemegang saham termasuk hak dividen selama Waran Seri I tersebut belum dilaksanakan menjadi saham.

Apabila Waran Seri I tidak dilaksanakan sampai habis masa berlakunya, maka Waran Seri I tersebut menjadi kadaluwarsa.

Masa berlaku Waran Seri I tidak dapat diperpanjang lagi.

Total Hasil Pelaksanaan Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp74.800.000.000,-.

Dengan demikian, total dana yang diraih perseroan dari aksi korporasi ini sebesar Rp146,2 miliar.

Adapun PT MNC Sekuritas selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek menjamin seluruh Penawaran Saham secara Kesanggupan Penuh (Full Commitment) sesuai dengan porsi penjaminan saham masing-masing.

Rencananya, dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, akan digunakan untuk:

1.Sekitar 54,39% (lima puluh empat koma tiga sembilan persen) akan digunakan untuk belanja modal dalam rangka ekspansi bisnis Perseroan yang meliputi:

Sekitar 54,87% (lima puluh empat koma delapan tujuh persen) akan digunakan untuk pembelian berbagai macam moulding untuk mencetak berbagai komponen otomotif yang di produksi oleh Perseroan dalam rangka pengembangan produk baru untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan dari pelanggan.

Sekitar 45,13% (empat puluh lima koma satu tiga persen) akan digunakan untuk pembelian mesin dalam rangka rencana ekspansi usaha Perseroan. Perseroan berencana membeli mesin press Kapasitas 160T, 200T, 315T dan 400T kepada PT ACL Sheet Metal Indonesia yang merupakan pihak ketiga dan bukan pihak terafiliasi.

2.Sisanya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan yaitu untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari, antara lain namun tidak terbatas untuk pembayaran gaji karyawan, pembelian material dan sub-material untuk kebutuhan produksi Perseroan.

Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan yaitu untuk pembiayaan kebutuhan operasional seharihari, antara lain namun tidak terbatas untuk pembayaran gaji karyawan, pembelian material dan sub-material untuk kebutuhan produksi Perseroan.

Berikut ini rencana jadwal sementara IPO PT Cipta Perdana Lancar Tbk;

Masa Penawaran Awal : 14 - 24 Juni 2024

Tanggal Efektif : 27 Juni 2024

Masa Penawaran Umum : 1 - 3 Juli 2024

Tanggal Penjatahan : 3 Juli 2024

Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 4 Juli 2024

Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan : 4 Juli 2024

Awal Perdagangan Waran Seri I : 5 Juli 2024

Akhir Perdagangan Waran Seri I

- Pasar Reguler & Negosiasi : 30 Juni 2026

- Pasar Tunai : 2 Juli 2026

Masa Pelaksanaan Waran Seri I : 7 Juli 2025 – 3 Juli 2026

Akhir Masa Berlaku Waran Seri I : 3 Juli 2026

Tanggal Pencatatan pada Bursa Efek Indonesia : 5 Juli 2024