Dorong Kemudahan Pembiayaan Kredit Properti, Agung Podomoro Bangun Kolaborasi Strategis dengan Perbankan dan Agen Properti

foto : istimewa

Pasardana.id – Pengembang property, Agung Podomoro (IDX: APLN) menjalin kolaborasi strategis dengan perbankan dan agen untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat terhadap kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA).

Seperti dilakukan di pameran properti Easy Home with KPR/A Hub! ‘Banyak Cara Bayarnya’ yang diselenggarakan pada tanggal 21 Mei – 2 Juni 2024 di Laguna Atrium GF, Central Park Mall, Jakarta Barat.

Pameran ini didukung oleh berbagai bank partner, lengkap dengan promo menarik melalui KPR dan KPA untuk pembelian hunian properti dari Agung Podomoro.

Selama dua pekan ke depan, Agung Podomoro menghadirkan promo menarik dari penawaran hunian mulai Rp 270 juta, bunga rendah mulai dari 2,75%, free PPN 100%, angsuran mulai dari Rp 1,8 juta, KPR DP 0%, cash bertahap 60x, free IPL sampai 24 bulan, garansi 2 tahun, dan promo menarik lainnya.

Bagi konsumen yang ingin melakukan pembelian dengan skema pembiayaan KPR dan KPA, Agung Podomoro telah menjalin kerja sama dengan berbagai perbankan, baik bank BUMN maupun bank swasta demi memudahkan transaksi.

“Agung Podomoro secara adaptif dan konsisten akan terus melakukan pembangunan dan pengembangan proyek properti unggulan sebagai solusi akan kebutuhan hunian dan investasi. Kami percaya seluruh visi perseroan dapat diwujudkan bersama melalui kolaborasi dan sinergi yang kuat antara Agung Podomoro dengan partner, juga dari komitmen kuat dalam memberikan kualitas properti terbaik bagi konsumen,” jelas Corporate Marketing Director Agung Podomoro, Agung Wirajaya dalam keterangan pers, Rabu (22/5).

Menurut Agung, perbankan dan agen menjadi tulang punggung utama yang mampu menjaga pertumbuhan KPR dan KPA di tengah tren suku bunga yang relatif tinggi.

Sinergi yang solid antara pengembang, perbankan, dan agen serta dilengkapi dengan pemberlakuan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN-DTP) dipercaya akan menciptakan kinerja pembiayaan properti yang positif hingga akhir 2024.

Berbagai kemudahan tersebut juga semakin memperkuat stimulus yang sebelumnya diberikan pemerintah, seperti Down Payment nol persen, sehingga turut meningkatkan minat masyarakat membeli properti.

“Untuk mendukung kebijakan pemerintah mendorong minat masyarakat dalam memiliki hunian properti, secara konsisten Agung Podomoro berkomitmen menghadirkan berbagai kemudahan melalui kolaborasi strategis dengan berbagai pihak. Peningkatan minat masyarakat ini tak hanya berdampak positif terhadap kinerja sektor properti, tetapi juga bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Seperti diketahui, hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia menunjukkan penjualan properti residensial pada triwulan I 2024 tumbuh 31,16% (yoy), meningkat signifikan dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 3,37% (yoy), didorong peningkatan penjualan pada seluruh tipe rumah. Pembelian rumah primer mayoritas dilakukan melalui skema pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dengan pangsa sebesar 76,25% dari total pembiayaan.

Menyikapi kondisi tersebut, Agung optimistis, penjualan hunian properti Agung Podomoro akan terus meningkat hingga akhir tahun 2024.

Hal ini juga sejalan dengan Real Estate Indonesia (REI) yang memperkirakan sektor properti nasional akan tumbuh hingga 10%.

Proyeksi ini ditopang oleh semakin membaiknya perekonomian nasional yang diperkirakan tumbuh hingga 5,2% di tahun 2024.

Selain kondisi ekonomi yang positif, pemerintah juga kembali melanjutkan pemberian insentif PPN-DTP melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 120 Tahun 2023 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Rumah Tapak Dan Satuan Rumah Susun Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2023 per 21 November 2023.

Dalam aturan tersebut, pemerintah memberikan insentif untuk pembelian properti hingga harga Rp 5 miliar yang berlaku sampai akhir 2024.

Sebagai pengembang dengan 55 tahun pengalaman di sektor properti nasional, Agung Podomoro terus berupaya menjawab kebutuhan pasar properti yang dinamis melalui pengembangan produk hunian yang berkualitas.

"Komitmen perseroan dalam menghadapi berbagai tantangan diwujudkan dengan menggandeng berbagai pihak, dalam hal ini perbankan sebagai penyalur kredit dan agen yang membantu memasarkan produk properti Agung Podomoro," pungkas Agung.