Wamedag Sebut Produk Domestik Yang Miliki Nilai Kompetitif Perlu Diproteksi

Foto : Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga (istimewa)

Pasardana.id - Proteksi terhadap produk industri domestik dinilai penting, apalagi produk tersebut memiliki nilai yang kompetitif. 

Hanya saja, terhadap industri yang tidak kompetitif yang mengakibatkan biaya tinggi secara ekonomi, maka hal itu menurutnya tidak perlu lagi diproteksi.

"Justru dengan kita memacu industri domestik untuk lebih kompetitif, maka industri kita akan dapat bersaing dan dapat meningkatkan kualitas dari industri itu sendiri," ungkap Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga dalam keterangannya, Selasa (21/5).

Kata Jerry, persaingan akan menjadikan kita lebih baik, terutama produk-produk lokal yang kita miliki.

"Kadang kala, kita harus agak memaksa industri lokal kita untuk bersaing mulai dari tingkat lokal, nasional, regional dan global," ujarnya.

Jerry menambahkan, kadang kala proteksi dilakukan secara terlalu berlebihan terhadap industri domestik yang tidak kompetitif.

Menurut dia, hal itu bisa membuat proses negosiasi perjanjian dagang di tingkat internasional menjadi lebih sulit. 

"Mungkin ini momen yang tepat untuk kita mencoba mengkaji kembali proporsionalitas dan objektifitas dari kebijakan yang terlalu proteksionis, terhadap industri yang tidak kompetitif," tukas Jerry.