Harapan Wamendag Terkait Investasi Kripto Disambut Positif

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengungkapkan, pemerintah terus menjaga agar iklim investasi bisa berjalan baik dan berimbas positif terhadap perekonomian Indonesia, termasuk investasi di kripto.

Karena itu, guna untuk meminimalkan kerugian dan sebagai upaya keberpihakan, maka pemerintah berencana meluncurkan bursa kripto untuk melaksanakan aturan yang menyebutkan kripto sebagai komoditas.

Bahkan, harapan Wapres yang mengingikan agar generasi muda mampu mengembangkan aset-aset crypto baru, direspons positif oleh banyak kalangan.

Founder Litedex.io, Aji M Iqbal, misalnya, menyatakan siap mendukung upaya pemerintah bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi.

"Kehadiran platform decentralize exchange akan mampu menjadi salah satu solusi bagi masyarakat, khususnya para seniman, untuk keluar dari keterpurukan ekonomi di masa pandemi seperti saat ini," ujar Aji M Iqbal, dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/9/2021).

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Dian Masyita mengingatkan masyarakat, khususnya generasi milenial, untuk bijak dalam melihat fenomena mata uang kripto.

Ia meminta generasi milenial tidak latah dengan fenomena investasi kripto.

Dian menjelaskan, ada 6,5 juta investor aset kripto di Indonesia per Mei 2021. Jumlah ini jauh melebihi jumlah investor pasar modal Indonesia sebesar 5,37 juta orang pada waktu yang sama.

Disinyalir, perputaran uang pada aset kripto Indonesia mencapai Rp370 triliun.

"Jangan pernah ikut-ikutan main kripto hanya karena melihat teman kelihatan untung terus. Jangan gunakan uang hidup sehari-hari untuk berinvestasi kripto. Gunakan uang yang benar-benar 'dingin'," tandas Dian.