Isu Potong Subsidi Energi Demi Makan Siang Gratis, Begini Kata Erick Thohir

Foto : istimewa

Pasardana.id - Merespon isu pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan memangkas subsidi energi demi program makan siang gratis, Menteri BUMN Erick Thohir pun kemudian buka suara.

Kata Erick, dirinya mengaku belum mendengar terkait isu dari rencana (pemangkasan) tersebut.

Yang pasti, kata dia, selama ini pemerintah menggelontorkan subsidi energi yang terbagi alokasinya untuk bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan listrik.

"Saya belum dengar (rencana pemangkasan subsidi energi untuk makan siang gratis). Yang pasti Indonesia sudah beri subsidi energi sampai Rp540 triliun, di mana penggunaannya itu harus tepat sasaran," kata Erick, di Jakarta, Minggu (18/2).

Dirinya pun menerangkan, bahwa program makan siang gratis yang diusung Capres Prabowo-Gibran beda konteks dengan subsidi energi.

Kata Erick, anggaran untuk menjalankan program tersebut bisa dicari dari berbagai sumber.

Erick kemudian menekankan pentingnya pemberian makanan yang tepat untuk anak-anak.

Menurutnya, makanan adalah hal krusial agar bisa melahirkan generasi emas Indonesia.

"Alokasi dananya kan itu bisa dicari dari berbagai efisiensi, seperti apa efisiensi ya nanti, saya tidak berhak bicara itu karena saya ini masih bekerja dan melayani pemerintahan di bawah Pak Jokowi. Tapi, saya pastikan pembicaraan itu masih dalam pembicaraan, bukan menjadi sebuah keputusan," katanya.