Badan Otorita Pastikan Gelaran Pilpres 2024 Tak Hambat Pembangunan IKN

Foto : Dok. Kementerian PUPR

Pasardana.id - Gelaran pemilihan presiden (pilpres) 2024 yang akan berlangsung 14 Februari dipastikan tidak akan menghambat progres pembangunan IKN.

Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, penempatan TPS lokasi khusus yang digunakan sebagai tempat 304 DPTb menyalurkan hak suaranya, ditempatkan di luar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

“Kalau (menghambat) terhadap pembangunan, tidak ada ya,” ucapnya, seperti dikutip Antara, Selasa (13/2).

Dia menerangkan, para pekerja IKN tetap diakomodir oleh masing-masing perusahaan atas himbauan OIKN untuk menggunakan hak suaranya pada hari H pencoblosan.

Hingga 9 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) mencatat sebanyak 3.266 pekerja IKN telah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tiga kecamatan yang mencakup Kecamatan Penajam, Sepaku, dan Waru.

Kedua TPS lokasi khusus IKN terdapat 304 pemilih yang telah terdaftar. Jumlah tersebut terbagi menjadi dua, yakni 187 DPTb yang terdaftar di TPS 901 dan 117 DPTb yang terdaftar di TPS 902.

Kedua TPS itu berada di rest area yang tidak terlalu jauh dari KIPP.

"Itu (TPS lokasi khusus) disediakan tadinya untuk mereka-mereka yang jauh dari rumah karena sedang bekerja di proyek. Itulah komunikasi yang disampaikan dan kita (OIKN) dalam hal ini menyiapkan area yang dibutuhkan,” ujar Jaka.

Di samping itu, Jaka mengungkapkan sejauh ini Pemilu 2024 tidak berpengaruh terhadap realisasi investasi IKN.

Berdasarkan data terkahir per 29 Januari 2024, realisasi investasi untuk pembangunan IKN mencapai Rp 47,5 triliun dengan mayoritas dibiayai oleh swasta sebesar 39,5 persen.

“Kita bicara bukan realisasi investasi, tapi realisasi komitmen. Itu (investasi) angkanya di sekitar Rp40 triliun lebih yang sudah tercatat dari komitmen investasi masing-masing investor yang ada untuk membangun area KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan) itu,” terangnya.