Fasilitasi Industri Pariwisata, Kemenparekraf Promosikan 5 DPSP di Pameran Indonesia-Meksiko
Pasardana.id - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memfasilitasi industri pariwisata yang berfokus pada pasar Benua Amerika, di Pameran Indonesia-Meksiko atau Expo Indonesia en Mexico 2023.
Pada pameran tersebut, Kemenparekraf mempromosikan destinasi wisata Indonesia, khususnya 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP), berupa; penjualan paket wisata Indonesia dan business matching, pertemuan dengan agen perjalanan Meksiko, hingga pelayanan informasi dan distribusi bahan promosi pariwisata Indonesia.
“Kemenparekraf juga turut mendukung penampilan tim kesenian yang dibawakan oleh tim diaspora di Amerika pada acara tersebut,” kata Menparekraf, Sandiaga Uno, dalam siaran resminya, Minggu (06/8).
Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan, partisipasi aktif Wonderful Indonesia di rangkaian kegiatan Expo Indonesia en Mexico 2023 menjadi langkah strategis untuk memantapkan kembali posisi brand Wonderful Indonesia di Amerika agar tetap sebagai top of mind.
“Salah satunya melalui penyebarluasan informasi kepada publik terkait perkembangan destinasi wisata di Indonesia dan penyesuaian dengan tren dan kebutuhan dari para wisatawan saat ini,” ujarnya.
Dia pun menjelaskan, bahwa berdasarkan data BPS pada 2022, kawasan Amerika merupakan pasar potensial untuk pariwisata berkualitas dengan rata-rata pengeluaran per kunjungan mencapai 2.248 dolar AS per kunjungan, dengan lama tinggal rata-rata 17 malam.
Ayu mengatakan, wisman asal Meksiko, sangat menyukai wisata alam dan petualangan, seperti melihat orang utan di Kalimantan, gunung dan kawah gunung di Jawa dan Bali baik di selatan maupun utara.
Untuk diketahui, Expo Indonesia en Mexico 2023 merupakan ajang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Meksiko.
Dengan mengangkat tema Reconnecting and Showcasing Wonderful Indonesi in The American Market, kegiatan ini diselenggarakan di Centro de Conveciones, Meksiko, pada tanggal 3–6 Agustus 2023.
Perhelatan ini menargetkan 10.000 pengunjung, dengan menghadirkan pameran perdagangan, investasi yang pertama kalinya, sebagai upaya kolaborasi antara KBRI Mexico City, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Mexico City, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Investasi/BKPM.