Terapkan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Jasa Marga Raih Dua Penghargaan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (IDX: JSMR) sukses meraih dua Penghargaan Kecelakaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pencegahan dan Penanggulangan (P2) COVID-19 dan Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja (Zero Accident Awards) yang diberikan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (21/07).

“Dengan adanya prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang telah diterapkan di Jasa Marga, merupakan upaya dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja atau penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan penurunan produktivitas kerja. Tentunya upaya ini juga harus terus didukung oleh seluruh Roadster Jasa Marga," beber Zakaria, Direktur Human Capital PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), dilansir dari siaran pers, Minggu (23/7/2023).

Disebutkan, kedua penghargaan tersebut diraih atas komitmen Jasa Marga dalam melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) selama masa pandemi COVID-19 hingga saat ini, dengan capaian 4.271.510 jam kerja tanpa kecelakaan kerja, yang terhitung pada periode 1 Januari 2020-31 Desember 2022.

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Human Capital PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Zakaria yang mewakili manajemen Jasa Marga.

Zakaria mengatakan, penghargaan tersebut menjadi pemicu bagi Jasa Marga untuk terus menerapkan prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang merupakan aspek penting untuk meningkatkan kesejahteraan serta produktivitas karyawan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi Jakarta, Hari Nugroho dalam sambutannya menyebutkan peringatan Bulan K3 tahun 2023 provinsi Jakarta dilaksanakan pada periode 25 Januari hingga 12 Maret.

Adapun tema bulan K3 Provinsi Jakarta 2023 adalah Penguatan Budaya K3 Guna Terciptanya Lingkungan Kerja Aman.

"Dengan adanya penghargaan ini semoga dapat memotivasi setiap Perusahaan dalam mempertahankan kinerja K3. Karena tujuan penerapan K3 di Perusahaan ini adalah turunnya tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Selain itu juga terciptanya tempat kerja yang aman dan nyaman serta efisien untuk mendorong produktivitas serta terwujudnya kemandirian berbudaya kerja," ujar Hari Nugroho.

Sebagai perusahaan BUMN, Jasa Marga menargetkan seluruh Unit Kerja Kantor Pusat, Regional Division dan Entitas Anak Perusahaan Jasa Marga Group dapat meningkatkan kepedulian dalam menerapkan kegiatan usahanya yang memperhatikan nilai-nilai K3 di setiap proses bisnisnya untuk menjaga keberlangsungan usaha dan mencapai produktivitas perusahaan.