Ajang Kecantikan Diyakini Mampu Junjung Budaya Indonesia Mendunia

Pasardana.id - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17.000 pulau dan menjadi rumah bagi 300 kelompok etnis, serta memiliki ragam budaya yang menarik perhatian mata dunia.
Hal itulah yang mendorong Jakarta CMO Club, El John Indonesia, dan MarkPlus Corp menggelar The 88th Jakarta CMO Club 2023 dengan tajuk “Bringing Indonesian Culture To The World”, yang juga menjadi sarana untuk memberdayakan pemasaran ke tingkat yang lebih tinggi.
CEO El John Indonesia, Johnnie Sugiarto membeberkan, program yang dia bawa dan dilatih kepada para kontestan, di harapkan dapat membawa budaya Indonesia melalui prestasi para putri Indonesia dengan keanggunannya dan keramahannya.
"Mereka inilah yang akan menjadi representatif Indonesia untuk menjunjung budaya tanah air secara global dan internasional,” beber Johnnie, seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (30/3/2023).
Johnie menjelaskan, Yayasan El John Indonesia memiliki empat event pageant yang digelar setiap tahun, yakni; Pemilihan
Putri Pariwisata Indonesia, Putra Putri Pariwisata Nusantara, Putri Bumi Indonesia dan Miss Chinese Indonesia.
"Pemenang di kontes tersebut akan membawa program Bringing Indonesia Culture to The World, saat tampil di kontes dunia, mewakili Indonesia. Dengan demikian, para delegasi akan memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional. Selain itu, Kami juga ingin mewujudkan mimpi anak-anak muda Indonesia untuk tampil di panggung dunia. Saya yakin, anak Indonesia tidak kalah hebat dengan bangsa lain,” tambah Johnnie.
Acara yang digelar di Menara Batavia, Jakarta Pusat pada 30 Maret 2023 tersebut juga turut dimeriahkan dengan kehadiran deretan pemenang kontes kecantikan Indonesia, yang antara lain adalah; dr. Tania Saputra (Putri Pariwisata Indonesia 2022), La Tanya Alisa (Miss Culinary Tourism Indonesia 2022), Kimberlyn Sugianto (Miss Chinese Indonesia 2022), dan Eunike Suwandi (Putri Bumi Indonesia 2021).
Di sisi lain, pemerintah Indonesia saat Ini juga telah aktif mempromosikan budaya Indonesia melalui berbagai inisiatif seperti menyelenggarakan festival dan acara budaya, mendukung pengembangan industri kreatif, serta mendirikan pusat budaya dan museum yang dapat dikunjungi oleh turis mancanegara.
Upaya itu telah membantu meningkatkan kesadaran tentang budaya Indonesia dan kepentingannya dalam komunitas global.
Sementara itu, Hermawan Kartajaya sebagai Tri-Founder of Philip Kotler Center for ASEAN Marketing menegaskan bahwa membawa budaya Indonesia ke dunia adalah tugas penting yang membutuhkan kolaborasi individu, organisasi, dan pemerintah.
"Itu juga merupakan strategi pemasaran yang perlu digali. Negara kita ini sudah sangat kaya dengan budayanya, anak-anak muda inilah yang harus membawa, mempromosikan dan memasarkan Indonesia’s culture to the world. Putri-putri Indonesia terobosan dari yayasan El John Indonesia inilah yang menjadi perwakilan kita semua untuk membawa nama Indonesia mendunia,” tegas Hermawan.
Lebih lanjut, yayasan El John Indonesia sebagai pemegang lisensi ajang kecantikan terbanyak di Indonesia, bertekad menghantarkan putri-putri Indonesia ke panggung dunia.
Yayasan yang berfokus di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Promosi Pariwisata Indonesia, serta lingkungan hidup dan budaya tersebut, memiliki misi dan visi untuk melakukan pembinaan, pengarahan dan penyelenggaraan kegiatan kreativitas bagi generasi muda di Indonesia, serta prestasi dari pemenang kontes kecantikan di Indonesia akan mewakili ajang kecantikan secara internasional.