Bank BUMN Rajin Kucurkan Kredit Kepada GEMS Hingga Tembus Rp6,8 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bank Negara Indonesia (IDX: BBNI) memberi fasilitas kredit senilai Rp1,95 triliun kepada Borneo Indobara, anak usaha Golden Energy Mines (IDX: GEMS).

Mengutip keterangan resmi emiten energi grup Sinarmas itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (28/11/2023) bahwa fasilitas pinjaman dengan jangka waktu 12 bulan itu untuk modal kerja.

Pada saat yang sama, BBNI juga memberikan fasilitas kredit modal kerja senilai Rp225 miliar kepada anak usaha GEMS yang lainnya, yakni Barasentosa Lestari dengan jangka waktu 12 bulan.  

Sekretaris Perusahaan GEMS, Sudin menjelaskan, fasilitas pinjaman ini akan mendukung pertumbuhan dan kinerja operasional.

“Pinjaman ini akan memperkuat kondisi keuangan perseroan karena ada tambahan fasilitas modal kerja, sehingga berdampak positif terhadap kelangsung usaha,” tulis Sudi,

Sebelumnya, kedua anak usaha itu telah mendapat fasilitas pinjaman senilai Rp2,2 triliun dari Bank Mandiri pada tanggal 20 Oktober 2023.

Bahkan, Bank Rakyat Indonesia (IDX: BBRI) juga telah mengucurkan fasilitas kredit modal kerja kepada dua anak tadi senilai Rp2,425 triliun.  

Untuk diketahui, GEMS melaporkan, utang bank jangka pendek senilai USD37,35 juta pada akhir Juni 2023.

Sedangkan utang bank jangka panjang senilai USD45,37 juta.

Dampaknya, perseroan harus mengeluarkan beban keuangan senilai USD6,8 juta.