Nilai Ekspor Ekonomi Kreatif RI Per Juni 2023 Lebihi Target, Capai Rp1,3 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Nilai ekspor ekonomi kreatif disebutkan telah melebihi 50 persen dari total nilai yang ditargetkan.

Adapun, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan nilainya sebesar 27 miliar dolar AS.

Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, ada 2 ukuran dari ekonomi kreatif yang dipantau.

"Yang pertama, adalah nilai ekspor yang kita targetkan 27 miliar dolar AS, sudah mencapai lebih dari 50 persen, kami optimis akan tercapai dan ini belum hitung jasa seperti jasa iklan, atau arsitek dan lainnya," ujarnya usai gelaran Friends of Creative Economy (FCE) Meeting 2023, Rabu (5/10) beberapa hari lalu.

Kemudian, dari segi nilai tambah ekonomi kreatif Kemenparekraf menargetkan nilai tambah sebesar Rp1,3 triliun per Juni 2023.

Namun, target tersebut sudah tercapai bahkan melebihi angka target sebesar 50 persen.

Bahkan, Sandi menyebutkan, ekonomi kreatif telah menyumbang kontribusi 8 persen terhadap negara per Juni 2023 kemarin.

Diharapkan angka ini bisa lebih tinggi lagi.

"Dari segi nilai tambah ekonomi kreatif, per Juni target Rp1,3 triliun itu sudah terlampaui lebih dari 50 persen, jadi kami prediksi bahwa angka Rp1,4 triliun dapat kita capai sebagai nilai tambah ekonomi kreatif dan menempatkan ekonomi kreatif berkontribusi sekitar 8 persen," tutur dia.

Lebih lanjut Sandiaga menjelaskan, Indonesia memiliki ekonomi kreatif ketiga terbesar di dunia.

Indonesia berada di bawah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.

Hal ini yang menjadi fokus pemerintah, dimana Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar posisi Indonesia mengambil peran yang strategis di sektor ekonomi kreatif.

“Sebagai salah satu dari tiga negara terbesar dunia dengan ekonomi kreatif untuk mengambil peran yang strategis. Kami mengundang beberapa negara yang telah mengadopsi resolusi yang kita tampilkan melalui komitmen di PBB, di mana ekonomi kreatif menjadi ekonomi masa depan kita semua yang menciptakan semangat inklusif dan menciptakan lapangan kerja yang kita targetkan sebanyak 25 juta lapangan kerja dari segi ekonomi kreatif,” katanya.