PGN Bangun 17.500 Jaringan Gas Rumah Tangga di Sumsel

Foto : istimewa

Pasardana.id - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) (IDX: PGAS) menambah jaringan gas rumah tangga (jargas) sebanyak 17.500 sambungan di Provinsi Sumatra Selatan.

Sebarannya yakni; sebanyak 2.500 sambungan di Kabupaten Musi Banyuasin dan 15 ribu sambungan di Kabupaten Banyuasin.

Direktur infrastruktur dan teknologi PGN, Achmad Muchtasya mengatakan, program jaringan gas mandiri di peruntukan bagi masyarakat golongan menengah yang tidak diperkenankan mengakses program subsidi elpiji 3 kg.

"Jargas Mandiri ini beda dengan program sebelumnya yang menggunakan dana APBN. Program ini murni investasi PGN yang diperuntukan bagi masyarakat golongan menengah," ujarnya saat penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemkab Musi Banyuasin di Sekayu, Rabu (28/9).

Disampaikan Muchtasya, PGN berinvestasi sebesar Rp10 juta untuk tiap SR (sambungan rumah tangga), yang diharapkan dapat mendorong penggunaan jaringan gas di masyarakat.

Sementara itu, untuk warga yang berminat dapat mengakses program gratis pemasangan dengan mendaftar di laman resmi yang sudah dibuka sejak beberapa pekan lalu.

"Saat ini kegiatan konstruksi sedang berjalan, dan kami menargetkan selesai akhir tahun 2022," ujarnya.

Sedangkan terkait dengan harga jual gas alam Jarga Mandiri ini, lanjut Muchtasya, harganya akan jauh lebih murah dengan penggunaan elpiji 12 kg, namun lebih mahal dengan elpiji 3 kg.