Penumpang KAI Kuartal I-2022 Naik Hingga 42 Persen

Foto : istimewa

Pasardana.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat peningkatan volume penumpang kereta api (KA) jarak jauh pada semester I 2022, yakni mencapai 119,8 juta orang atau naik hingga 42 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022.

“Volume pelanggan pada Semester I 2022 didominasi oleh pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek, dimana jumlahnya mencapai 89,9 juta penumpang,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (19/7/2022).

Dijelaskan Joni, kenaikan jumlah penumpang tersebut diiringi dengan meredanya pandemi Covid-19.

Selain itu, juga dipengaruhi tingkat vaksinasi yang semakin membaik dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.

“Kinerja angkutan penumpang KAI grup pada Semester I 2022 mengalami recovery yang signifikan,” tutur Joni.

Dia menuturkan, tren positif tersebut menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat.

Selain itu, juga meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api.

Joni menambahkan, pada tahun ini, KAI juga terus memperluas layanan dengan mengoperasikan kembali jalur KA Garut-Cibatu pada 24 Maret 2022.

Jalur tersebut dibuka pertama kali pada tahun 1889 dan berhenti beroperasi pada tahun 1983.

“Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 km tersebut, juga dioperasikan kembali tiga stasiun yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol,” ucap Joni.

Pada periode Semester I 2022, KAI juga kembali menyelenggarakan angkutan Lebaran setelah dua tahun vakum akibat kasus pandemi Covid-19 masih tinggi.

Joni mengungkapkan, volume penumpang pada angkutan Lebaran 2022 mencapai 4,39 juta orang yang diselenggarakan selama 22 hari yakni 22 April hingga 13 Mei 2022.

“Pencapaian luar biasa tersebut telah mendekati pencapaian angkutan Lebaran pada 2019 sebanyak 6,84 juta pelanggan,” tutur Joni.

Dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pelanggan, Joni memastikan, KAI terus berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Pada 2 Februari 2022, KAI bekerja sama dengan Perum DAMRI untuk menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI.

“Pelanggan KA Jarak Jauh dapat memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access,” ungkap Joni.

Sementara pada 15 Juni 2022, KAI bersama dengan Transjakarta juga melakukan kolaborasi strategis. Kerja sama tersebut meliputi sistem integrasi antar-moda, pengembangan usaha transportasi terpadu, dan pengembangan kawasan berorientasi transit.

KAI juga konsisten mematuhi aturan pemerintah terkait perjalanan menggunakan kereta api di tengah regulasi transportasi kereta api di tengah pandemi sangat dinamis.

Mulai 17 Juli 2022, KAI menerapkan aturan yang menyesuaikan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022.

“KAI optimis bahwa adanya kebijakan ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk bepergian dengan kereta api yang selalu mengedepankan protokol kesehatan,” pungkas Joni.