Bangun Tol Kayu Agung-Betung, WSKT Tambah Utang Rp2,9 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) anak usaha, PT Waskitas Toll Road (WTR) mendapat fasilitas pembiayaan investasi senilai Rp2,9 triliun dari PT Sarana Multi Infastruktur.

Untuk diketahui, WTR merupakan anak usaha PT Waskitas Karya Tbk (IDX: WSKT). dengan demikian, WST merupakan terkendali secara tidak langsung WSKT.

Mengutip keterangan resmi emiten BUMN Karya itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (30/6/2022) bahwa fasilitas pembiayaan itu akan digunakan mendukung pembangunan proyek ruas tol Kayu Agung - Palembang - Betung.

“Dengan dilakukannya penandatanganan Fasilitas Pembiayaan investasi antara WST dan SMI, diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan ruas tol Kayu Agung – Palembang – Betung Seksi II dan III,” tulis manajemen WSKT.

Cucu usaha itu dapat menarik fasilitas pinjaman itu dalam kurun waktu 60 bulan sejak perjanjian pinjaman tanggal 27 Juni 2022.

Dampaknya, WST wajib membayar bunga reference rate + marjin ekuivalen 9,25 persen per tahun, dengan catatan : Reference rate berupa Jibor rata-rata 3 bulan yang tercantum pada website Bank Indonesia Marjin akan ditentukan 2 hari sebelum tanggal penandatanganan perjanjian fasilitas.

Kemudian, wajib mengembalikan pokok pinjaman setelah 15 tahun sejak perjanjian.