Penjualan Neto Konsolidasi ICBP Tumbuh Menjadi Rp56,80 Triliun di Tahun 2021

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (IDX: ICBP) mengumumkan kinerja keuangan untuk periode satu tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dengan mencatatkan pertumbuhan penjualan neto konsolidasi sebesar 22% menjadi Rp56,80 triliun dari Rp46,64 triliun pada tahun lalu.

Direktur Utama dan Chief Executive Officer ICBP, Anthoni Salim mengatakan, meski dihadapkan pada berbagai tantangan, perseroan berhasil melampaui target kinerja dengan kontribusi yang baik dari kegiatan usaha di dalam negeri maupun luar negeri.

"Terima kasih kepada setiap pihak di ICBP atas komitmen dan fokusnya dalam menjalankan strategi untuk memberi hasil yang baik," beber Anthoni, seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (31/3/2022).

Tercatat, laba usaha ICBP sepanjang tahun 2021 naik 27% menjadi Rp11,66 triliun dari Rp9,20 triliun, dan marjin laba usaha naik menjadi 20,5% dari 19,7%.

Di sisi lain, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun 3% menjadi Rp6,39 triliun dari Rp6,59 triliun di tahun sebelumnya, karena rugi selisih kurs dari kegiatan pembiayaan yang belum terealisasi (dibandingkan dengan laba selisih kurs dari kegiatan pembiayaan yang belum terealisasi di tahun 2020).

Adapun marjin laba bersih perseroan mencapai 11,2% dibandingkan 14,1% di tahun 2020.

Tanpa memperhitungkan non-recurring items dan selisih kurs, core profit ICBP meningkat 18% menjadi Rp6,85 triliun dari Rp5,82 triliun.

Lebih lanjut, Anthoni mengungkapkan, bahwa memasuki tahun 2022, ICBP akan fokus pada upaya untuk mempertahankan kinerja dengan menjaga keseimbangan antara pertumbuhan volume penjualan dan tingkat profitabilitas, serta mempertahankan posisi neraca keuangan yang sehat.

"Terlepas dari ketidakpastian seputar pandemi, perkembangan situasi ekonomi dan geopolitik, kami akan terus memperkuat model bisnis kami agar dapat menanggapi perubahan yang terjadi secara tepat waktu," tutup Anthoni.

Untuk diketahui, ICBP merupakan salah satu produsen produk konsumen bermerek yang mapan dan terkemuka, dengan kegiatan usaha yang terdiversifikasi, antara lain; mi instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, serta minuman.

Selain itu, ICBP juga menjalankan kegiatan usaha kemasan yang memproduksi kemasan fleksibel maupun karton untuk produk-produknya.

ICBP menawarkan berbagai pilihan produk solusi sehari-hari bagi konsumen di segala usia dan segmen pasar melalui lebih dari 30 merek produk terkemuka yang banyak di antara merek -merek tersebut, memiliki posisi pasar yang signifikan di Indonesia, didukung oleh kepercayaan dan loyalitas jutaan konsumen selama bertahun-tahun.

Kegiatan operasional ICBP didukung oleh lebih dari 60 pabrik yang tersebar di berbagai wilayah utama di Indonesia dan sebagian besar produk-produk perseroan tersedia baik di outlet ritel modern maupun tradisional di segala penjuru nusantara.

Selain di Indonesia, ICBP juga mengekspor produk-produknya ke berbagai negara di dunia dan sebagai bagian dari strategi pengembangan kegiatan usahanya, ICBP mengakuisisi Pinehill Company Limited, produsen mi instan yang memiliki lebih dari 20 pabrik berlokasi di Afrika, Timur Tengah dan Eropa Tenggara yang menempatkan ICBP sebagai salah satu produsen mi instan terbesar di dunia dengan pangsa pasar yang kuat secara global.