Bandara Ngurah Rai Kembali Buka Layanan Penerbangan Rute Doha-Bali

Foto : istimewa

Pasardana.id - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kembali melayani penerbangan rute Doha-Denpasar.

Hal tersebut ditandai dengan kembali beroperasinya penerbangan maskapai Qatar Airways yang menghubungkan kedua kota tersebut.

Penerbangan Qatar Airways QR960 perdana telah dilakukan di Bali pada pukul 17.31 WITA, Minggu (27/3), dengan mengangkut 222 penumpang.

Dalam keterangan resminya, Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi menjelaskan, penerbangan yang menggunakan pesawat tipe Boeing 787-7 Dreamliner tersebut kemudian berangkat kembali ke Doha pada Senin (28/3) dini hari pada pukul 01.27 WITA dengan menggunakan nomor penerbangan QR961 dan mengangkut 103 penumpang.

"Rute Doha-Bali menjadi rute internasional reguler yang kembali dilayani oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai, setelah sebelumnya sempat berhenti beroperasi sejak awal pandemi," ujar Faik Fahmi.

Ia mengatakan, bahwa rute ini akan menambah jumlah rute internasional yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai, yakni menjadi enam rute. Mereka adalah Singapura, Melbourne, Sydney, Tokyo, Kuala Lumpur, dan Doha.

"Kami cukup optimistis bahwa akan terjadi peningkatan trafik penerbangan dan penumpang rute internasional reguler di bandara-bandara yang kami kelola, khususnya di Bali, Surabaya, Manado, dan Lombok," imbuh Faik.

Menurut catatan AP I, sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 3 Februari 2022 hingga 27 Maret 2022, mereka telah melayani sebanyak 24.803 penumpang dan 260 penerbangan rute internasional reguler.

Faik cukup yakin dengan semakin banyak dibukanya rute penerbangan internasional, maka akan tercipta multiplier effect bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Indonesia secara berkelanjutan.

"Kami cukup optimistis dengan semakin bertambahnya rute penerbangan internasional reguler yang kembali beroperasi akan membawa implikasi positif terhadap pariwisata Bali," tandasnya.