Jokowi Ingin RI Jadi Raja Produsen Kendaraan Listrik Nomor 1 Dunia

Foto : istimewa

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, bahwa kendaraan listrik menjadi salah satu modal utama dalam menjaga lingkungan karena tidak menimbulkan polusi sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

“Saya tadi sudah melihat bagaimana kendaraan (listrik) mengecas yang memakan waktu tidak lama, proses manajemen seperti ini yang diinginkan pemakai kendaraan, sehingga menarik minat semua untuk ke kendaraan listrik, karena lebih murah dan tidak menimbulkan polusi,” ujar Jokowi saat peluncuran ekosistem kendaraan listrik di SPBU Pertamina MT Haryono, Selasa (22/2).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengutarakan keinginannya agar Indonesia menjadi raja produsen kendaraan listrik di dunia.

Hal itu, kata Jokowi, dapat diwujudkan melalui percepatan ekosistem kendaraan listrik.  

Presiden Jokowi mengatakan, dengan ekosistem kendaraan listrik yang telah dibangun dari hulu ke hilir akan membuat Indonesia menjadi produsen kendaraan listrik nomor 1 di dunia.

"Dengan didukung oleh ekosistem kendaraan listrik dari dulu sampai hilir, kita harapkan negara kita, Indonesia, nanti betul-betul mampu merajai menjadi produsen dari kendaraan listrik," ujarnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengapresiasi seluruh pihak yang sudah terlibat untuk mewujudkan ekosistem ini.

Dirinya mengharapkan, ekosistem ini berjalan dengan baik, mulai dari pembuatan baterainya hingga terciptanya kendaraan listrik dalam negeri.

"Kita harapkan, nanti pabrik baterai listriknya segera bisa selesai dalam jumlah yang kapasitas besar. Kemudian kendaraannya yang disini sudah ada WIKA Gesit juga akan di tingkatkan lagi kapasitas produksinya," kata Jokowi.

Dia juga meminta pengembangan ekosistem ini menggaet negara lain, misalnya dengan perusahaan Taiwan, Gogoro.

"Sehingga betul-betul ekosistem kendaraan listrik benar-benar terbangun dan siap untuk berkompetisi dengan negara-negara lain," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi menghadiri kolaborasi antara BUMN dan swasta dalam mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, di mana perusahaan patungan Gojek, TBS Energi Utama, dan Electrum, telah mengukuhkan kerja samanya dengan Pertamina, Gogoro dan Gesits.  

Sinergi lintas perusahaan tersebut, diyakini makin mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan terlengkap di Indonesia.

Inisiatif ini sejalan dengan agenda prioritas Pemerintah Indonesia dalam G20 Summit terkait transisi energi berkelanjutan, khususnya percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik.