Dukung Pelestarian Ekosistem Laut, Jasa Armada Indonesia Tanam 400 Bibit Terumbu Karang

foto : dok. IPCM

Pasardana.id - PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) berkolaborasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu dan Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok pada Rabu, 5 Oktober lalu, melaksanakan penanaman terumbu karang di perairan wilayah Pulau Damar Besar, Kepulauan Seribu, yang merupakan salah satu dari lingkungan kerja perusahaan.

Kegiatan ini adalah wujud kepedulian dan dukungan IPCM terhadap pelestarian ekosistem terumbu karang.

Sebanyak 400 bibit terumbu karang ditanam yang terdiri dari 10 jenis, yaitu; Acropora Mellepora, Acropora Pormosa, Acropora Cerealis, Acropora Nobilis, Hyascintus, Styllora SP, Pocillopora CP, Cereatopora, Acropora Tenuis dan Acropora Diparicata.

Penanaman terumbu karang secara simbolis dilakukan oleh Direksi IPCM beserta tim, Tim KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, Tim Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok serta melibatkan Lions Club Jakarta Madhava, sebuah wadah anak-anak muda yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Dalam keterangan pers, Jumat (07/10), Direktur Armada dan Operasi IPCM, M. Iqbal menyampaikan, “Penanaman terumbu karang ini diharapkan akan menambah kelestarian lingkungan biota perairan sehingga ekosistemnya tetap terjaga. Kegiatan ini adalah salah satu wujud tanggung jawab sosial dan komitmen kami dalam memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar.”

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan juga pemberian edukasi serta simulasi penanaman bibit terumbu karang yang dipandu oleh Perkumpulan Pondok Karang sebagai lembaga resmi konservasi terumbu karang.

Bibit terumbu karang disiapkan melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup sesuai dengan prosedur untuk kemudian ditanamkan di media semen, garam, dan paralon.

Setelah itu, bibit terumbu karang yang telah ditanamkan di media tersebut dibawa ke dasar laut agar dapat tumbuh dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas ekosistem laut di Kepulauan Seribu.

Penanaman terumbu karang di dasar laut ini juga secara langsung dimonitor oleh 2 penyelam IPCM.

Upaya restorasi ekosistem laut dan pesisir yang digelar IPCM dengan melibatkan para stakeholder ini diharapkan menjadi awal yang baik dan ke depannya memberikan dampak positif yang semakin luas.