Pertagas Gandeng RAJA Bangun Pipa Migas Balam-Dumai Senilai USD300,6 Juta

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pertagas menjalin kerjasama dengan PT Rukun Raharja Tbk (IDX: RAJA) untuk membangun dan mengoperasikan pipa minyak koridor Balam-Dumai dan Koridor Minas-Duri-Dumai sepanjang 353,43 km dengan nilai proyek sebesar USD300.629 juta.

Melansir keterangan resmi RAJA pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (22/3/2021) bahwa berdasarkan perjanjian kedua perseroan itu, Pertagas menyiapkan dana 75 persen dan RAJA menyediakan dana 25 persen dari total nilai proyek itu.

Akibatnya, Pertagas yang merupakan anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (IDX: PGAS) menyiapkan dana sebesar USD225,47 juta.

Sedangkan, RAJA akan menyiapkan dana sebesar USD75,15 juta. Dana tersebut setera dengan 62 persen dari total ekuitas perseroan per 30 September 2020.

Untuk itu, RAJA akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 27 April 2021 guna memperoleh persetujuan rencana KSO (kerjasama operasi) tersebut.

RAJA menilai, rencana itu bagian dari pengembangan usaha di bidang pengangkutan minyak dan gas bumi melalui pipa, sehingga dapat memberikan manfaat terbaik, khususnya kepada seluruh pemegang saham Perseroan serta manfaat secara umum kepada masyarakat dengan penyediaan pipa untuk pengangkutan minyak dan gas bumi.

“Perseroan berharap, setelah rencana transaksi menjadi efektif, akan dapat memberikan nilai tambah bagi Perseroan dan Pemegang Saham Perseroan,” tulis manajemen RAJA.