Menhub Budi Pastikan Pemerintah Tidak Melarang Mudik Lebaran Tahun Ini

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan tidak akan melarang masyarakat untuk melaksanakan mudik Lebaran tahun ini.

Adapun, mudik Lebaran tahun dilaksanakan pada akhir April dan awal Mei 2021.   

Akan tetapi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tetap mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan saat pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini.

"Terkait dengan mudik pada prinsipnya, Kemenhub tak melarang," ujar Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (16/3/2021).

Ia melanjutkan, tak dilarangnya mudik karena akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Salah satunya, Kemenhub dan Satgas Covid-19 akan berkoordinasi dalam hal tracing kepada masyarakat yang bepergian.

"Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan Lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik berjalan dengan baik. Oleh karenanya, saya mengajak kepada Bapak Ketua Komisi dan anggota untuk memantau persiapan mudik dan juga memantau proses mudik itu sendiri," jelasnya.

Selain itu, tutur Budi, pihaknya juga sudah mengeluarkan enam kebijakan agar pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar.

Pertama, pihaknya akan mengawal ketat prokotol kesehatan para penumpang di sarana maupun prasaran transportasi.

"Kedua, menjamin ketersediaan layanan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api," katanya.

Kemudian ketiga, Kemenhub akan memastikan kelaiakan sarana dan prasarana transportasi untuk pelaksanaan mudik Lebaran.

Keempat, Kemenhub juga akan meningkatkan ketertiban dan keamanan.

"Kelima, melaksanakan koordinasi intensif dengan berbagai stakeholder, keenam, melakukan rekayasa lalu lintas, dan ketujuh melaksanakan monitoring dan evaluasi," pungkas Budi.