ICBP Akan Hentikan Penjualan Produk PepsiCo

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (IDX: ICBP), melalui anak usahanya PT Indofood Fritolay Makmur akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo.

Hal itu sebagai dampak dari pembelian 49 persen saham Indofood Fritolay Makmur milik Fritoly Netherlands Holding BV oleh perseroan.

Melansir keterbukaan informasi emiten makanan dan minuman itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (17/2/2021) disebutkan bahwa nilai pembelian 49 persen saham Indofood Fritolay Makmur itu senilai Rp494 miliar.

“Sumber dana pembelian saham berasal dari kas internal,” tulis manajemen ICBP.

Dengan demikian, perseroan menguasai 99,99 persen saham Indofood Fritolay Makmur, dari sebelumnya sebesar 51 persen.

Selanjutnya, Indofood Fritolay Makmur akan mempersiapkan penghentian produksi dan penjualan produk dengan merek PepsiCo dalam tenggat waktu enam bulan sejak tanggal 17 Februari 2021.

Pada sisi lain, Fritolay dan pihak terafiliasinya PepsiCo serta pihak lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan makanan ringan apapun yang bersaing dengan produk anak usaha perseroan di Indonesia selama tiga tahun.

Untuk diketahui, PepsiCo dikenal dengan minuman ringan bersodanya dan makanan ringan dengan merek dagang Mountain Dew, Daritos Tortilla Chips, Quekers Foods and Snacks, Cheetos.