Menkeu Instruksikan Dana Desa Untuk Penanganan Bencana Alam

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meminta kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan agar bersiaga untuk memberikan dukungan APBN dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) dalam menghadapi bencana alam menyusul terjadinya erupsi Gunung Semeru, di Malang, Jawa Timur.

"Saya meminta jajaran Kemenkeu bersiaga, ini berpotensi meningkat menjelang akhir tahun dan awal tahun," ujarnya dikutip dari laman instagram @smindrawati, Minggu (6/12).

Tak hanya itu, Bendahara Negara ini juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk berdoa bersama untuk keselamatan warga disekitar pegunungan Semeru.

"Mari berdoa untuk keselamatan seluruh rakyat di sekitar Gunung Semeru," tulis Sri Mulyani.

Untuk diketahui, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12) pukul 15.00 WIB. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi yang disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal hingga dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terpantau gelap gulita.

Menurut Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, aktivitas vulkanologi Gunung Semeru terjadi pada 15.00 WIB.