Volta Indonesia Pamerkan Kendaraan Listrik Berkonsep Sistem Ganti Baterai

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Volta Indonesia Semesta, perusahaan patungan PT NFC Indonesia Tbk (IDX: NFCX) – MCAS Group dan SiCepat, turut ramaikan ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang dilangsungkan pada 24-26 November 2021 di Gedung Manajemen ORPPT-BRIN, Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan.

Di ajang pameran yang mengumpulkan para produsen kendaraan listrik tersebut, Volta unjuk gigi pamerkan motor listrik berteknologi Sistem Ganti Baterai (SGB) dengan membawa unit motor roda dua (2) yakni tipe 401 dan kendaraan roda tiga (3) tipe 501.

Pameran yang diselenggarakan oleh Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tersebut merupakan upaya dalam mendukung industri dalam negeri dari sisi riset dan inovasi teknologi kendaraan listrik dan diharapkan dapat meningkatkan populasi kendaraan listrik. 

Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko mengungkapkan, saat ini Indonesia masih mengandalkan impor BBM sebesar 60% yang mana masih menjadi permasalahan yang  dihadapi di sektor energi.

“Kalau kita tidak segera menuju untuk mengembangkan mobil listrik, maka semakin tidak balance. Kebutuhan energi meningkat di satu sisi supply energi kita juga semakin tipis,” tutur Moeldoko, seperti dilansir dari siaran pers, Jumat (26/11).

Kehadiran Volta sekaligus sebagai industri yang turut berpartisipasi mewujudkan impian pemerintah kepada masyarakat dalam penggunaan kendaraan listrik sebagaimana diungkapkan oleh CEO PT Volta Indonesia Semesta, Willty Awan, yaitu Volta hadir sebagai solusi atas permasalahan dunia industri yang sedang dihadapi oleh dunia khususnya Indonesia saat ini dalam mengurangi jumlah polusi yang dihasilkan dari kendaraan.

"Kami berharap dengan menghasilkan produk kendaraan listrik ramah lingkungan, Volta dapat bersaing dan menjadi pilihan ideal masyarakat," papar Willty.

Adapun Volta hadir dengan menawarkan unit kendaraan listrik dengan mode ganti baterai guna memudahkan pengguna saat beraktivitas.

Baterai SGB produksi Volta saat ini juga tengah menjalani suatu program sinergi untuk penyediaan lokasi baterai di 150 titik sehingga masyarakat dapat mengganti baterai dengan cepat, nyaman, dan aman.

Partisipasi Volta dalam IEMS 2021 diharapkan dapat menjadi langkah awal perusahaan agar dapat semakin dikenal oleh masyarakat dan mampu membuka peluang lebih luas terkait pengembangan produksi kendaraan listrik di masa depan.

Selain itu, Volta juga menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas ternama seperti Telkom University guna mengembangkan skill-inovasi, riset motor listrik bersama guna meningkatkan pemahaman teknologi motor listrik lebih dalam dan Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada yang ditujukan untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua pihak dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lebih jauh, motor listrik Volta dapat dibeli melalui dealer resmi Volta yang juga menyediakan layanan pendukung 4S lainnya (Sales, Service, Spare Parts, dan SGB) atau juga dapat dibeli secara online melalui platform e-commerce, Blibli.

Pembelian motor listrik Volta juga bisa dilakukan secara bertahap dengan cicilan 0% pada Blibli.com/Volta.