Menkop UKM : UMKM Digital Produktif Sebagai Kunci Pemulihan Ekonomi

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat mengoptimalkan teknologi digital.

Pasalnya, hal ini membuat pelaku UMKM bisa menjalankan usaha dari rumah dan terhubung ke ekosistem digital serta beradaptasi dengan inovasi produk.

"Pasalnya, UMKM digital produktif merupakan kunci pemulihan ekonomi,” ujar Teten, pada acara diskusi daring Karya Kreatif Bangsa (KKI) dan Kick-Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Dirinya juga memproyeksi, potensi yang bisa didapat oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di dalam belanja barang dan pemerintah mencapai Rp 321 triliun.

Oleh sebab itu, ia mendorong UMKM untuk masuk dalam katalog UMKM Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Tahun ini, setidaknya ada potensi senilai Rp 321 triliun belanja pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah diarahkan Presiden Jokowi untuk dapat dioptimalkan UMKM," jelas dia.

Di samping itu, Teten juga telah bekerjasama dengan LKPP untuk menghadirkan Laman UMKM dan Bela Pengadaan untuk program ini, serta melakukan pendampingan dan pelatihan bagi UMKM untuk dapat hadir dalam platform ini.

"Bersama Kementerian BUMN, kami juga sudah bekerjasama untuk memastikan belanja barang dan jasa di bawah nilai Rp 14 miliar agar UMKM dapat ikut serta melalui Pasar Digital UMKM yang memiliki potensi setidaknya Rp 35 triliun dan 27 kategori produk," ujarnya.

Menurutnya, saat ini ada 9 BUMN yang telah siap dan secara bertahap ke BUMN lainnya untuk menyerap produk UMKM. Misalnya; Alat Tulis Kantor, Catering & Snack, Souvenir & Merchandise, Pengadaan & Sewa Furniture, Jasa Event Organizer dan lain lain.

Tak hanya itu, Kementeriannya juga terus melakukan onboarding digitalisasi UMKM di daerah-daerah dengan memanfaatkan katalog digital/e-Brochure. Katalog digital ini nantinya berisi produk UMKM serta hyperlinks/tautan kontak penjual.

"Sehingga, dapat disebarkan dengan sederhana melalui platform chat ataupun media sosial dan jika di-klik akan langsung terhubung ke WA penjual," tandasnya.