Utang Rp700 Miliar Jatuh Tempo, TBIG Terbitkan Obligasi Rp700 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) mengincar dana sebesar Rp700 miliar melalui penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap I tahun 2020.

Jelasnya, obligasi itu akan ditawarkan dalam seri A dengan tenor 370 hari dan seri B dengan tenor tiga tahun.

Berdasarkan keterangan resmi emiten menara telekomunkasi itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (18/8), disebutkan bahwa emiten itu tengah menunggu pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penerbitan surat utang tersebut.

“Perkiraan efektif pada tanggal 31 Agustus 2020,” sebut keterbukaan BEI.  

Masih berdasarkan keterangan BEI, bahwa surat utang itu merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure dengan target dana sebesar Rp7 triliun.

Patut diperhatikan, dana hasil penerbitan surat utang tersebut akan digunakan untuk membayar Obligasi Berkelanjutan II Tahap III senilai Rp700 miliar yang akan jatuh tempo tanggal 19 September 2020.

Sedangkan sisa dana PUB Obligasi IV itu akan digunakan untuk membayar sebagian utang anak usaha perseroan, yakni PT Solu Sindo Kreasi Pratama senilai USD1 miliar.

Untuk diketahui, penerbitan obligasi dengan peringkat AA- dari Ficth Rating tersebut, akan dikawal oleh PT CIMB Niaga Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT Indo Premier Sekuritas.

Ketiga penjamin emisi efek itu akan menjamin dengan kesanggupan penuh penyerapan surat utang yang diterbitkan.