ANALIS MARKET (16/7/2020) : Investor 'Wait and See' Menanti Pengumuman Kebijakan Suku Bunga Acuan BI

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian OSO Securities menyebutkan, pada perdagangan Rabu (15/7) kemarin, IHSG ditutup melemah tipis 0.07% ke level 5,075.80.

Empat dari sepuluh indeks sektoral ditutup dalam zona merah, dimana sektor pertambangan memimpin pelemahan sebesar 1.34%.

Minimnya pergerakan IHSG terjadi dikarenakan aksi wait and see para pelaku pasar menantikan hasil rapat Bank Indonesia terkait suku bunga acuan 7-Days Reverse Repo Rate yang akan dirilis hari ini, Kamis (16/7).

Sementara itu, katalis positif dari rilisnya data Neraca Perdagangan Indonesia bulan Juni yang tercatat surplus senilai US$ 1,27 miliar, nampaknya belum mampu membawa IHSG ditutup dalam teritori positif pada perdagangan kemarin.

Di sisi lain, bursa saham Wall Street kompak ditutup dalam zona hijau semalam (15/7), dimana S&P 500 berhasil menguat sebesar 0.91%, disusul Dow Jones dan Nasdaq yang masing-masing naik sebesar 0.85% dan 0.59%.

Penguatan indeks ditopang oleh rilisnya berbagai katalis positif diantaranya, pernyataan dari Presiden AS, Donald Trump yang dilaporkan tidak ingin menambah tensi ketegangan dengan China.

Serta The Federal Reserve yang menyatakan, perekonomian domestik telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan di awal Juli 2020.

Adapun saham Modern Inc yang naik 6.9% dan berhasil mencetak rekor tertingginya setelah perusahaan melaporkan hasil positif terkait uji coba vaksin Covid-19 miliknya yang dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan antibodi penetral dalam 45 pasien yang menjalani uji coba.

“Beragam kondisi tersebut diatas diproyeksi menjadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis OSO Securities dalam riset yang dirilis Kamis (16/7/2020).