Pendapatan 2019 KREN Melonjak 61 Persen YoY Menjadi Rp11,6 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) mengakhiri tahun 2019 dengan hasil yang memuaskan, meskipun dengan lingkungan makro yang menantang.

Dari sisi top line, Perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang memuaskan sebesar 61,0% YoY, bergerak dari Rp7,2 triliun pada 2018 menjadi Rp11,6 triliun pada 2019.

Dalam public expose insidentil perseroan secara online, Jumat (29/5), CEO PT Kresna Graha Investama, Michael Steven menuturkan, kontributor terbesar pendapatan masih berasal dari segmen teknologi dan digital, yang menyumbang 95,5% dari total pendapatan pada tahun 2019, dibandingkan dengan 88,2% pada tahun sebelumnya.

Rincinya, pendapatan KREN dari segmen teknologi dan digital membukukan peningkatan +74,4% YoY, naik dari Rp6,4 triliun pada 2018 menjadi Rp11,1 triliun pada 2019. Hasilnya, laba operasi dari segmen ini berhasil untuk mencatat pertumbuhan 48,8% YoY, melonjak dari Rp96,8 miliar pada 2018 menjadi Rp144,1 miliar pada 2019.

Sementara itu, segmen finansial dan investasi mencatat penurunan 40,5% YoY dan 57,1% YoY, menjadi Rp447,1 miliar dan Rp216,1 miliar.

Di sisi lain, kualitas aset dan solvabilitas tetap solid, sebagaimana ditunjukkan oleh posisi kas bersih sebesar Rp1,8 triliun pada 2019.

Dari sisi profitabilitas, KREN terus mematuhi komitmennya untuk menghasilkan wealth creation untuk shareholders-nya, sebagaimana ditunjukkan oleh ROAE-nya yang tinggi sebesar 13,8% pada 2019.

Adapun digital distribution channels meluas sebesar 111,0% YoY menjadi 160.000 titik pada 2019, dari hanya 76.000 pada 2018, dengan lebih banyak produk inovatif dalam pipeline.

"Dengan ini, Perseroan berharap untuk memperdalam penetrasi pasar dan melayani pelanggannya di seluruh negeri dengan lebih baik lagi," jelasnya.

Head of Business Analyst KREN, Stanley Tjiandra menambahkan, tak dipungkiri pandemi corona berdampak bagi operasional perusahaan. Meski demikian, rencana bisnis perusahaan masih dalam kendali.

“Ada tiga strategi inti KREN, yakni pengayaan ekosistem digital, pemberdayaan jaringan distribusi, dan amplifikasi ekosistem melalui natural use-cases, telah membuahkan hasil yang luar biasa,” tandasnya.