Kembali, KREN Tidak Bagi Dividen

foto : istimewa

Pasardana.id - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) pada sore ini, Kamis (17/5/2018) sepakat untuk tidak membagi dividen. Dengan demikian, dalam dua tahun beruntun pemegang saham KREN tidak menikmati dividen.

Direktur KREN, Suryandy Jahja mengatakan, seluruh laba bersih dari tahun buku 2017 yang tercatat sebesar Rp291,1 miliar akan digunakan untuk melakukan ekspansi dengan penambahan modal di anak usaha dan akuisisi perusahaan sektor digital.

“Kita tahu, sektor digital lebih efektif dan telah memberikan kontribusi pada pendapatan sebesar 83% di akhir Maret 2018,” kata dia di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Ia melanjutkan, semua laba bersih akan menambah rencana kebutuhan modal kerja tahun 2018 sebesar Rp400 miliar.

Untuk diketahui, sampai akhir kuartal I 2018, perseroan telah menggelontorkan belanja modal sebesar Rp120 miliar. Salah satunya, untuk menyuntik dana pada PT Sistem Mikroelektronik Cerdas Co-Design (SMC).

“Disamping itu, kami akan menambah modal PT Kresna Sekuritas sebesar Rp50 miliar dan mengakuisisi 5-10 perusahan rintisan digital,” kata dia.

Sedangkan sisa kebutuhan belanja modal, lanjut dia, akan menggunakan internal kas perseroan.

Sementara itu, pada tahun 2018, perseroan memasang target pendapatan sebesar Rp5 triliun. Pendapatan itu akan disumbang dari lini usaha digital sebesar 90%.

“Tapi dari sisi laba, lini usaha digital hanya menyumbang 10%, karena karakteristik usaha digital yang profitabilitasnya tipis seperti Tokopedia dan kawan-kawan,” jelas dia.