BPFI Hentikan Penawaran Obligasi Berkelanjutan II

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Batavia Prosperindo Finance Tbk (BPFI) mengumumkan penghentian penawaran Obligasi Berkelanjutan II Batavia Prosperindo Finance yang baru terealisasi sebesar Rp500 miliar atau kurang dari target.

“Tidak tercapainya target dana yang akan dihimpun disebabkan oleh kondisi pasar yang tidak mendukung yang menyebabkan permintaan untuk pembelian obligasi tidak sesuai dengan target yang telah ditentukan,” ungkap Markus Dinarto Pranoto, Direktur Utama BPFI, seperti dilansir pada laman keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (13/5).

Dijelaskan, jumlah sisa dana yang dihimpun adalah sebesar Rp150 miliar dari total target sebesar Rp650 miliar.

"Adapun jangka waktu obligasi berkelanjutan II adalah sampai dengan tanggal 4 Juni 2020," imbuh Markus.

Meski demikian, Direksi Batavia Prosperindo Finance memutuskan untuk menghentikan obligasi berkelanjutan II tersebut dengan alasan pertimbangan waktu dan kondisi pasar yang tidak mendukung yang diperlukan untuk melanjutkan obligasi berkelanjutan II dengan merujuk pada nilai dari obligasi berkelanjutan II yang tersisa.

Untuk diketahui, Obligasi berkelanjutan II tersebut mulai aktif sejak tanggal 4 Juni 2018 dengan target dana perolehan sebesar Rp650 miliar. Akan tetapi, total realisasi dana yang dihimpun selama periode penerbitan hanya mencapai Rp500 miliar dari target Rp650 miliar.

Rincinya, pada periode tahap I tahun 2018 dihimpun dana sebesar Rp300 miliar, dan pada periode tahap II tahun 2020 dihimpun dana sebesar Rp200 miliar, sehingga total nilai realisasi hanya mencapai Rp500 miliar.