Kartu Pra Kerja, Menko Perekonomian : Yang Sudah Lolos Verifikasi Sebanyak 926.790 Orang

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat sudah lebih dari 3,7 juta orang yang telah melakukan registrasi untuk mengikuti Program Kartu Prakerja yang baru dirilis oleh pemerintah pada Sabtu (11/4/2020) lalu.

"Kami melihat antusiasme ini sebagai refleksi dari ekspektasi publik yang sangat tinggi terhadap program Kartu Prakerja," ungkap Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Rabu (15/4/2020).

"Mereka yang verifikasi email dan NIK serta sudah lolos batch pertama jumlahnya 926.790 orang," sambung Airlangga.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebanyak 164.000 orang peserta kartu prakerja gelombang pertama nantinya bakal diumumkan.

"Dan akan terus ditingkatkan," ujarnya.  

Sementara itu, penerimaan peserta kartu prakerja sudah digelar untuk lima gelombang hingga saat ini.

“Ini artinya masyarakat merasakan betul dampak Covid-19, lapangan kerja terganggu," katanya.

Airlangga pun membeberkan sejumlah daerah paling terdampak Covid-19 atau virus corona, di antaranya; provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Ini data yang kami peroleh. Jadi, dampak Covid-19 selain ke kesehatan juga sosial ekonomi dan sektor riil, dan terkait juga dengan kehilangan pekerjaan," tuturnya.

Lebih lanjut Airlangga juga mengaku sudah menginstruksikan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan pendampingan pendaftaran Kartu Pra Kerja dan pelatihan melalui dinas terkait.  

Sementara itu, bagi masyarakat yang kesulitan mendaftar kartu pra kerja dan dinyatakan belum lolos pada pendaftaran gelombang pertama, bisa melakukan pendaftaran kembali, caranya pun cukup mudah.

“Anda hanya perlu membuat akun pra kerja yang baru, lalu kembali mendaftarkan diri di website resmi prakerja.go.id. Peserta yang belum lolos bisa kembali daftar namun tidak perlu mengulang dari awal, nanti akan ada petunjuknya dari web resmi,” jelasnya.

Masyarakat juga dapat menghubungi nomor telepon layanan Kartu Pra Kerja (021) 25541246 pada hari Senin - Jumat mulai dari jam 08.00 WIB sampai jam 19.00 WIB, atau mengirim e-mail di alamat info@prakerja.go.id.