Turun 41,8%, BMRI Siapkan Rp2 Triliun Untuk Buy Back

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) telah menyiapkan dana segar hingga Rp2 triliun membeli kembali atau buy back saham beredar.

Rencana tersebut tersaji dalam keterbukaan informasi emiten bank itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (20/3/2020).

Untuk itu, persero telah menunjuk PT Mandiri Sekuritas untuk melaksanakan rencana tersebut, dalam rentang waktu tiga bulan sejak saat ini.

Dijelaskan, pelaksanaan Pembelian Kembali Saham (buy back) tidak akan memberikan dampak negatif yang material bagi kegiatan usaha dan pertumbuhan, karena Persero pada saat ini memiliki modal dan cash flow yang cukup untuk melakukan dan membiayai seluruh kegiatan usaha, kegiatan pengembangan usaha, kegiatan operasional.

Hanya saja, jika dana alokasi buy back digunakan semua, maka aset akan berkurang Rp2 triliun. Tapi dari sisi laba per saham naik dari Rp588,9 menjadi Rp593,19 per saham.

Untuk diketahui, pada penutupan sesi I hari ini, BMRI turun 330 point atau 6,9% ke level 4.460. Dengan demikian, sepanjang tahun ini, saham emiten bank BUMN itu turun 41,8%.