Ikut Bangun Tol Ulujami - Jati Asih, Aset META Naik Lima Kali Lipat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) turut serta dalam konsorsium Jakarta Metro Expressway (JMEX).

Konsorsium yang terdiri dari PT Triputra Utama Selaras (TUS), PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) dan PT Acset Indonusa Tbk. (ACST) akan membangun jalan tol di sekitar wilayah Ulujami sampai Jati Asih, melalui proyek Jakarta Outer Ring Road Elevated (disebut selanjutnya JORR Elevated).

GM Corporate Affairs META, Deden Rochmawaty menyampaikan, prakarsa ruas Cikunir—Ulujami sepanjang kurang lebih ±22 kilometer dengan estimasi nilai investasi mencapai ±Rp 21,5 Triliun.

“Saat ini, kami telah mendapatkan izin prinsip yang diterbitkan oleh Kementerian PUPR sejak 11 Desember 2018 dan juga izin prakarsa yang baru kami dapatkan pada tanggal 21 Januari 2020,” jelas dia dalam siaran pers, Kamis (6/2/2020).

Ia melanjutkan, proyek tersebut diharapkan berkontribusi pada peningkatan pendapatan perusahaan, sekaligus meningkatkan nilai aset perusahaan hingga ±5 kali lipat dari nilai perusahaan saat ini, jika proyek ini sudah terlaksana.

“Saat ini, perusahaan tengah mempersiapkan berbagai dokumen terkait, untuk tahap pra-kualifikasi tender,” kata dia.

Dijelaskan, pembangunan Jalan Tol JORR Eleveted merupakan jalan tol strategis yang akan menghubungkan wilayah Jati Asih—TMII—Pondok Indah—Ulujami dan diusulkan untuk masuk dalam jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Pembangunan ini juga bertujuan untuk mengurangi beban lalu lintas di sepanjang JORR serta memaksimalkan kapasitas lalu lintas di sepanjang koridor JORR jika diintegrasikan dengan Jalan Tol Jakarta – Cikampek II (Selatan).