Menhub : Manggarai Akan Jadi Pusat Stasiun KA Jabodetabek

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebutkan, bahwa Stasiun Manggarai akan menjadi pusat stasiun kereta api (KA) di Jabodetabek.

Sebab itu, dia meminta kepada seluruh stakeholder untuk mempercepat pengembangan stasiun tersebut. 

"Kami ke Stasiun Manggarai, dan kami lihat progres berjalan dengan baik. Tapi, memang saya minta ada beberapa percepatan. Manggarai akan jadi pusat stasiun kereta api di Jabodetabek," ujar Budi, Minggu (29/11/2020). 

Menurut Budi, progres pembangunan dan pengembangannya hingga saat ini berjalan dengan baik.

Nantinya, lanjut Budi, seluruh kereta yang berasal dari wilayah Jabodetabek akan bertemu dan dipusatkan di Stasiun Manggarai. 

Selain itu, Kereta api jarak jauh (KAJJ) yang menuju luar Jakarta akan melalui jalur Manggarai.

"Hanya beberapa saja yang di Senen dan Gambir," katanya.   

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menambahkan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan jalur mandiri untuk setiap jurusan.

Diharapkan, tidak adalah penumpukan kereta pada jalur di titik pusat atau singgungan tersebut.

"Kereta bandara kita siapkan stasiun-stasiun, sehingga antara Depok line, Bekasi line enggak numpuk di suatu tempat tapi, memiliki line sendiri-sendiri. Kita harap akhir 2022 akan selesai semua," ujarnya. 

Lebih lanjut Menhub Budi meminta seluruh stakeholder menyelesaikan permasalahan yang masih mengganggu pengembangan stasiun ini. 

"Saya minta KAI dan kontraktor untuk selesaikan masalah tanah, percepatan pembangunan dan koordinasi dengan stakeholder yang ada terutama berkaitan dengan antarmoda di Jakarta, apakah antara KAJJ dan KRL juga dengan Transjakarta," katanya.