ANALIS MARKET (21/3/2019) : Harga SUN Berpeluang Turun Didorong Pergerakan Nilai Tukar Rupiah

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pada perdagangan hari ini, Kamis (21/3/2019), diperkirakan harga Surat Utang Negara (SUN) masih akan bergerak bervariasi dengan berpeluang untuk mengalami penurunan yang didorong oleh pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika.

Demikian diungkapkan analis fixed income MNC Securities, I Made Adi Saputra dalam riset yang dirilis Kamis (21/3/2019).

“Selain itu, kami perkirakan pada perdagangan hari ini adanya para pelaku pasar yang melakukan aksi ambil untung (taking profit) di tengah kenaikan harga Surat Utang Negara yang terjadi sejak pekan lalu,” jelas I Made.

Ditambahkan, jelang disampaikannya suku bunga acuan Bank Indonesia pada hari ini, Kamis (21/3), para pelaku pasar memperkirakan bahwa Bank Indonesia masih akan mempertahankan suku bunga acuannya di level 6,00% seiring dengan cukup terjaganya kondisi ekonomi domestik.

Lebih lanjut I Made mengungkapkan, dari beberapa faktor tersebut diatas, diperkirakan harga Surat Utang Negara pada perdagangan hari ini akan cenderung bergerak terbatas.

“Kami masih menyarankan kepada investor untuk tetap mencermati arah pergerakan harga Surat Utang Negara dengan melakukan strategi trading di tengah harga Surat Utang Negara yang masih bergerak berfluktuasi. Kami juga masih merekomendasikan seri - seri Surat Utang Negara dengan tenor pendek dan menengah sebagai pilihan di tengah kondisi pasar yang masih berfluktuasi, yaitu seri FR0069, FR0053, FR0061, FR0070, FR0056, FR0059, FR0071, FR0058, dan FR0068,” jelasnya lagi.

Sementara itu, peringkat MTN yang diterbitkan Perumnas ditetapkan pada rating “idBBB+”