Jadi Komoditas Andalan, Pemerintah Revitalisasi BLK Perkebunan Kopi Di Lampung

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pemerintah berencana merevitalisasi satu Balai Latihan Kerja (BLK) di Lampung Barat.

Rencana ini sejalan dengan program utama Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kami lihat potensi wilayahnya, dan akan kembangkan kopi karena ada berbagai jenis kopi di sana," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Bambang menambahkan, BLK akan difokuskan untuk pengembangan kapabilitas SDM di bidang perkebunan kopi. Sebab, kopi dinilai sebagai komoditas andalan di wilayah tersebut.

"Kami lihat potensi wilayahnya, dan akan kembangkan kopi karena ada berbagai jenis kopi di sana," katanya.

Menurut dia, BLK yang berada di Lampung Barat tersebut kualitasnya sudah tidak lagi sesuai standar.

"Revitalisasi itu artinya divitalkan kembali dari yang tadinya (BLK) itu kurang terdorong," katanya.

Di sisi lain, pemanfaatan potensi perkopian ini juga melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di sana.

"Jadi kamu sudah sepakat untuk kembangkan perkopian di sana, tapi memang lebih banyak ke SMK," katanya.

Selain revitalisasi BLK, pemerintah juga akan melakukan revitalisasi SMK sebagai upaya memperbaiki sistem vokasi. Dengan demikian, kesiapan daripada SDM yang dihasilkan dari SMK bisa disesuaikan dengan kebutuhan di dunia kerja.

Tahun depan, pemerintah akan merevitalisasi 550 SMK dari target revitalisasi 5.000 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia sepanjang 2020-2024. Anggaran yang disiapkan untuk program tersebut diperkirakan mencapai Rp4,3 triliun.