Pertumbuhan Ekonomi Global Hanya Akan Mencapai 2,9 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Bank Dunia pada Selasa (8/1/2019) merilis laporan yang menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi global akan mengalami perlambatan.

Seperti dilansir BBC News, pertumbuhan rekonomi global hanya akan mencapai 2,9 persen pada 2019. Lalu pada 2020, pertumbuhan melambat hingga hanya akan mencapai 2,8 persen.

Perlambatan berlangsung secara landai, telah berjalan sejak pertengahan tahun lalu. Bank Dunia menyebut perlambatan bermula di Amerika Serikat. Setelah itu berlanjut ke negara-negara zona euro dan Jepang.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam merupakan dampak pemotongan pajak di era pemerintahan Presiden Donald Trump. Pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan hanya akan mencapai 1,6 persen pada 2021. Pada 2018, pertumbuhan ekonomi AS mencapai 2,9 persen.

Laju pertumbuhan ekonomi negara-negara emerging market dan berkembang diperkirakan akan terus meningkat pada tahun ini, di saat laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok mula melambat.

Laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok diperkirakan hanya akan mencapai sekitar 6 persen pada 2021, jauh di bawah pertumbuhan 10 persen yang dinikmati Negeri Panda antara 1980 sampai 2010.