Tahun 2018, Penjualan Mobil dan Motor Bekas Meningkat

foto: doc BidWin

Pasardana.id - Geliat pasar mobil dan motor bekas masih bergairah. Terbukti PT Adi Sarana Lelang (BidWin) berhasil menjual mobil bekas melalui sistem lelang sebanyak 16,924 unit dan motor bekas sebanyak 9,512 unit di sepanjang tahun 2018 lalu.

Total unit penjualan ini mengalami peningkatan sekitar 34% dari unit mobil tahun 2017 lalu. Pada tahun 2017 lalu, PT Adi Sarana Lelang (BidWin) berhasil menjual mobil bekas sebanyak 11,055 dan motor bekas sebanyak 2,017.

Peningkatan penjualan motor yang cukup signifikan tersebut, karena BidWin juga mulai fokus melelang motor bekas di tahun 2018 dan hasilnya sangat memuaskan.

“Peningkatan penjualan melalui sistem lelang membuktikan peningkatan tingkat kepercayaan dan edukasi masyarakat terhadap balai lelang otomotif. Selain itu, membuktikan mobil dan motor bekas masih memiliki pasar luas di Indonesia,” tutur Chief Operating Officer PT Adi Sarana Lelang (BidWin) Deny Gunawan, Senin (14/1/2019).

Sedangkan, untuk jenis mobil yang paling banyak diminati sepanjang 2018 adalah jenis LMPV (low multipurpose vehicle) yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dengan berbagai turunan tipenya. Daihatsu Xenia sendiri menjadi peringkat pertama mobil bekas yang paling banyak dicari.

Dari penjualan 16,924 mobil, Avanza berhasil terjual lebih dari 30%, sedangkan Xenia menduduki peringkat kedua mobil bekas paling diminati dengan penjualan sebanyak 1,596.

Untuk unit motor bekas, Honda Beat dan Yamaha Mio masih memiliki daya tariknya dengan penjualan terbanyak pada tahun ini. Honda Beat bekas berhasil terjual dengan sistem lelang sebanyak 2,208 unit dan Yamaha Mio bekas berhasil mencuri perhatian dengan terjual sebanyak 1,732 unit.

Sementara, Jakarta masih menjadi kota yang paling banyak menjual mobil dan motor bekas.

Di luar Jakarta, Surabaya dan Semarang memegang peringkat kedua dan ketiga penjualan terbaik. Sedangkan di luar pulau Jawa, Makassar, Palembang, dan Medan masih menjadi pangsa pasar mobil dan motor bekas terbaik.

“Untuk tahun 2019 ini, BidWin tengah menyiapkan strategi bisnis untuk menjadi pemain nomor satu di lelang otomotif di Indonesia. Selain meningkatkan pelayanan dan unit yang ditawarkan, BidWin tengah menggodok strategi bisnis terbaru yang akan segera diluncurkan ke masyarakat luas di kuartal pertama tahun ini,” jelas Deny Gunawan.