ANALIS MARKET (11/1/2019) : IHSG Diestimasi Bergerak Menguat Didorong Optimisme Negosiasi Dagang AS - Tiongkok

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali ditutup menguat kemarin (10/1), ditopang oleh kenaikan sektor konsumer serta berlanjutnya tren penguatan rupiah dan net foreign buy. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Consumer (+1.96%), Basic Industry (+1.79%), Infrastructure (+0.78%).

Sementara itu, sebagian besar pasar global kembali ditutup naik kemarin (10/1), namun penguatannya terhambat oleh beberapa isu regional.

Pasar Asia ditutup variatif seiring rilis data inflasi Tiongkok yang di bawah ekspektasi.

Penguatan pasar Eropa terhambat oleh rencana emiten otomotif untuk mengurangi tenaga kerja.

Kenaikan pasar AS tertekan oleh revisi turun target pendapatan sektor ritel.

“Menyikapi beberapa kondisi tersebut diatas, untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak menguat dengan support range 6225-6250 dan resistance range 6365-6400,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (11/1/2019).

Lebih lanjut diungkapkan, dana asing secara konsisten terus masuk ke pasar saham Indonesia sepanjang 9 hari berturut-turut.

Sejak 27/12/2018, dana asing net buy saham Indonesia sebesar Rp247 miliar hingga 10/01/2018 dengan total selama 9 hari sebesar Rp4,3 triliun.

“Kami memperkirakan dana asing akan terus masuk ke Indonesia ditopang oleh data inflasi AS yang diperkirakan akan dirilis melambat untuk Desember 2018 disebabkan oleh jatuhnya harga minyak dunia. Selain itu, Investor masih akan terus mencermati pertumbuhan ekonomi global, pasar Asia diperkirakan akan terus melanjutkan penguatannya didorong oleh optimisme akan negosiasi dagang yang terjadi antara AS dan Tiongkok, begitu juga dengan negosiasi dagang antara India dan Indonesia,” ungkap analis NH Korindo Sekuritas.

Adapun beberapa aksi korporasi yang dilakukan para emiten, juga layak dicermati para pelaku pasar, antara lain;

PTPP : Akan Menggarap Rest Area Batang-Semarang

MYOR : Siap Melunasi Obligasi Rp750 Miliar

NISP : Membidik Pertumbuhan Funding 10%

BMRI : Mengincar Pendanaan Proyek Tol