Tiongkok Siap Balas Pengenaan Tarif Baru AS

foto: istimewa

Pasardana.id - Tiongkok akan melakukan aksi balasan apabila pemerintah Amerika Serikat jadi menetapkan tarif baru terhadap produk senilai US$200 miliar yang diimpor dari Tiongkok.

“Apabila pemerintah AS, meski dengan adanya tentangan, tetap menetapkan kebijakan tarif baru, maka pemerintah Tiongkok akan dengan terpaksa memberlakukan balasan berupa kebijakan yang sesuai,” ungkap juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok, Gao Feng, dalam sebuah konferensi pers yang berlangsung di Beijing, Kamis (6/9/2018), seperti dikutip Reuters.

Menurut Gao, pemerintah Tiongkok akan dengan seksama memonitor dampak pengenaan tarif baru dan akan menetapkan kebijakan yang dapat membantu perusahaan-perusahaan lokal maupun asing yang beroperasi di Tiongkok dalam mengatasi kesulitan yang muncul dari tarif baru.

Pemerintah AS diperkirakan akan menetapkan tarif baru setelah masa pendapat publik terhadap tarif tersebut berakhir pada Kamis tengah malam waktu Washington DC. Produk-produk yang terpengaruh tarif baru termasuk furnitur, lampu, ban, sepeda, dan car seat yang diimpor dari Tiongkok.

Sebelumnya baik pemerintah AS maupun Tiongkok telah menetapkan tarif baru terhadap produk senilai US$50 miliar yang diimpor dari masing-masing negara.

Para investor mengkhawatirkan pengenaan tarif baru terhadap produk Tiongkok akan meningkatkan tensi antara AS dengan Tiongkok, yang merupakan dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia, sehingga mengakibatkan terhambatnya investasi bisnis, perdagangan, dan pertumbuhan global yang berujung terpuruknya pasar saham.