ANALIS MARKET : IHSG Akan Kembali Melanjutkan Penguatan Merespon Kebijakan BI Dalam Memangkas Suku Bunga Acuan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Riset harian OSO Securities memperkirakan, hari ini indeks harga saham gabungan (IHSG) akan kembali melanjutkan penguatan merespon dari kebijakan BI dalam memangkas suku bunganya.

“Secara teknikal, indikator stochastic oscillator bullish dan RSI flat. Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak dikisaran 5,858 - 5,905," sebut analis OSO Securities, yang dilansir dari laman resminya, Rabu (23/8/2017). 

Sementara itu, indeks utama AS kompak ditutup menguat pada perdagangan semalam (22/08). Indeks Dow Jones naik 0.90% ke level 21,899.90, kemudian indeks S&P terangkat 0.99% ke level 2,452.47 dan Indeks Nasdaq menguat signifikan 1.36% ke level 6,297.48.

Penguatan pada indeks utama AS dikarenakan optimisme pelaku pasar merespon pernyataan dari pembuat Undang-undang AS mengenai reformasi pajak dan plafon utang.

Adapun pembicara DPR AS, Ryan Paul menyatakan, Republikan telah membangun sebuah konsensus, dimana konsensus tersebut menginformasikan bahwa reformasi pajak akan lebih mudah prosesnya dibandingkan perbaikan layanan kesehatan Trump. Selain itu, Mitch McConnell juga mengungkapkan, AS telah siap untuk membayar plafon utang dan tidak akan terjadi gagal bayar. 

Sementara itu, harga minyak mentah mulai rebound sebesar 0.97% ke level 47.83 per barrel. Setelah adanya signal penurunan pasokan AS yang perlahan mulai di perketat. Adapun emas dan Treasury AS mengalami penurunan menjelang pertemuan tahunan Ketua Federal Reserve Janet Yellen dan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi. 

Berikut beberapa data ekonomi AS yang rilis yaitu : indeks harga rumah AS bulan Juni turun ke level 0.1% dari sebelumnya di level 0.3%. Sementara itu, Richmond Fed Mannufacturing bulan Agustus mencatatkan kenaikan ke level 11% dari proyeksi sebelumnya yang hanya berada di level 9%.