Lepas 34% Saham, Cottonindo Ariesta Bakal Raup Rp45 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Cottonindo Ariesta berencana melakukan pelepasan 34% dari total saham perseroan, melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Dengan aksi korporsi itu, calon emiten produsen kapas itu akan meraup dana sebesar Rp45 miliar.

Direktur Utama PT Cottonindo Ariesta, Marting menyampaikan, perseroan tengah menunggu ijin pra efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan penawaran awal IPO.

“Untuk itu kami telah menyampaikan prospektus berdasarkan laporan keuangan audit periode 31 Maret 2018,” kata Marting usai melakukan paparan terbatas di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Ia melanjutkan, dana hasil pelepasan saham baru itu akan digunakan 75%-nya untuk pembelian lahan seluas 2,6 hektare di provinsi Banten dan sisanya akan digunakan untuk belanja modal, seperti mesin-mesin produksi.

“Dengan pengembangan itu, kapasitas produksi produk-produk berbahan kapas perseroan akan meningkat 50% dari total kapasitas produksi saat ini yang sebesar 70 ton perbulan,” kata dia.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Maret 2018, perseroan mencatatkan aset sebesar Rp188 miliar dan pendapatan Rp20 miliar. Pendapatan itu berasal dari produk kapas kecantikan sebesar 40%, kapas pembersih telinga sebesar 50% dan 10% untuk tujuan eksport.

Dalam aksi korporasi ini, perseroan telah menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana efek.