Saham CYBG Melambung Usai Kembali Tawar Virgin Money

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham CYBG di Bursa Efek London, Inggris, melambung 3 persen pada Senin (4/6/2018) setelah  mengumumkan tawaran baru untuk mengakuisisi Virgin Money.

CYBG, perusahaan holding Clydesdale Bank, Yorkshire Bank, dan B, bank berbasis aplikasi, akhir pekan lalu menyatakan telah meningkatkan tawaran untuk membeli Virgin Money sebesar 7 persen dalam rasio pertukaran yang sepenuhnya dilakukan berbentuk saham. 

Sebaliknya saham Virgin Money sempat anjlok 3 persen pada Senin sebelum berakhir datar, merefleksikan kekhawatiran para analis bahwa CYBG diuntungkan dengan pertukaran saham yang dilakukan.

“Dengan minimnya penolakan manajemen Virgin Money terhadap tawaran terbaru, kami percaya akuisisi akan segera berlangsung,” kata Edward Firth, analis KBW, seperti dikutip Reuters.

“Akuisisi akan menguntungkan bagi CYBG dan akan menjadi return yang cukup baik bagi para pemilik saham Virgin Money setelah bertahun-tahun terus mendapat kekecewaan,” jelas Firth.

Dengan tawaran baru dari CYBG, para pemilik saham Virgin Money akan menguasai sekitar 38 persen dari saham perusahaan yang terbentuk setelah akuisisi. Sebelumnya mereka hanya ditawarkan 36,5 persen dari saham perusahaan setelah akuisisi.

Para pemegang saham Virgin Money juga berhak memperoleh dividen yang dilaporkan dan dibayarkan dalam periode yang berakhir 30 Juni. Virgin Money merupakan perusahaan jasa keuangan yang menjadi bagian dari Virgin Group milik pengusaha eksentrik Inggris Richard Branson.