Saham WPP Anjlok Setelah Sorrell Mengundurkan Diri

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham perusahaan iklan dan humas Inggris WPP Plc, seperti dilaporkan Reuters, anjlok 4 persen dalam pembukaan sesi perdagangan saham di Bursa Efek London, Inggris, Senin (16/4/2018).

Aksi jual yang dilakukan para pemilik saham WPP dipicu pengumuman pengunduran diri Martin Sorrell dari perusahaan tersebut Sabtu (14/4/2018) lalu. Sorrel merupakan pendiri WPP dan sebelumnya menjabat sebagai CEO.

Saham WPP sebelumnya telah mengalami pelemahan 30 persen tahun ini akibat terus memburuknya kinerja perusahaan. Para analis memperkirkan kepergian Sorrell akan menyebabkan terjadinya perpecahan di tubuh perusahaan yang memperkerjakan sekitar 200 ribu orang tersebut.   

Dengan meninggalkan WPP, Sorrell berhak untuk mendapatkan jatah kepemilikan saham. Jumlah maksimal saham WPP yang dapat diterima Sorrell mencapai 1,65 juta saham. Jumlah tersebut berarti senilai 19 juta pound sterling atau sekitar Rp373,5 miliar.

Sorrell dan keluarganya juga memiliki sekitar 2 persen saham WPP. Nilainya sekitar 300 juta pound atau Rp5,89 triliun. Nilai pasar WPP saat ini mencapai sekitar 15 miliar pound.