Permintaan Diperkirakan Alami Peningkatan, Harga Minyak Dunia Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Senin (14/5/2018) dipicu isi laporan bulanan yang dirilis oleh OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries).

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni 2018 naik 26 sen menjadi US$70,96 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli 2018 meningkat US$1,11 menjadi US$78,23 per barel di London ICE Futures Exchange.

OPEC meningkatkan perkiraan permintaan minyak mentah global pada 2018 dalam laporan bulanannya tersebut, mengindikasikan pertumbuhan tinggi di negara-negara berkembang dan negara-negara dengan perkembangan pesat.

“Untuk 2018, pertumbuhan permintaan minyak mentah diperkirakan akan meningkat 1,65 juta barel per hari menjadi 98,85 juta barel per hari,” ungkap laporan OPEC, seperti dikutip Xinhua.

“Kekhawatiran geopolitik, pengetatan persediaan, dan tingginya permintaan menyediakan dukungan terhadap harga,” jelas laporan tersebut lebih lanjut.

Sementara itu, perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes merilis laporan pada Jumat (11/5/2018) yang menyebutkan jumlah fasilitas pemboran minyak mentah yang aktif di Amerika Serikat naik 10 buah menjadi 844 buah. Peningkatan yang terjadi menjadi indikator naiknya produksi minyak AS.

Para analis menyatakan bahwa ketidakpastian tetap berada di pasar minyak mentah akibat tingginya ekspektasi permintaan global, tensi geopolitik, dan mulai stabilnya pertumbuhan produksi minyak AS di kuartal kedua.