BRI Layani Fasilitas Perbankan ASDP Indonesia Ferry
Pasardana.id - Sinergi antar perusahaan BUMN kembali dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat serta para pemangku kepentingan.
Kali ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menjalin kerjasama strategis melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengenai pemanfaatan jasa layanan fasilitas perbankan.
Kegiatan ini sejalan dengan program Kementerian BUMN untuk mendorong terciptanya kerjasama strategis antar lembaga BUMN yang diarahkan kepada digitalisasi dan produktivitas bisnis BUMN dan bertujuan pada efisiensi dan efektivitas bisnis perseroan.
"Ini merupakan kerjasama strategis antara BRI dengan ASDP. Kerjasama ini meningkatkan volume dan kualitas bisnis masing-masing pihak kedepan," ungkap Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso di Jakarta, Rabu (1/11/2017).
Hari menambahkan, diharapkan dengan sinergi ini masyarakat luas akan semakin merasakan kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat.
Dalam rangkaian acara tersebut, BRI dan ASDP melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS), yakni mengenai Layanan BRIVA Online pada e-ticketing ASDP serta mengenai Penerbitan Kartu BUMN Pegawai ASDP.
Ruang lingkup kerjasama ini nantinya adalah penyediaan layanan dan pemanfaatan produk dan jasa perbankan, seperti pemberian kredit modal kerja dan investasi, upgrade layanan payroll, penerbitan kartu identitas pegawai BUMN - ASDP, layanan pembayaran ticketing online, e- payment system, co-branding BRIZZI, dan layanan pembiayaan penyediaan bahan bakar serta layanan perbankan lainnya.
"Kerjasama antara ASDP dan BRI ini diharapkan dapat berkontribusi positif bagi peningkatan kinerja bisnis masing-masing perusahaan. Khususnya PT ASDP akan sangat terbantu dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan guna mewujudkan Visi perusahaan, agar menjadi peusahaan jasa pelabuhand dan penyeberangan yang terbaik dan terbesar di tingkat regional, serta mampu memberikan nilai tambah bagi stakeholders," tutur Direktur Komersial ASDP, M Yusuf Hadi.
Salah satu keuntungan dalam sinergi BUMN tersebut, yakni layanan pemesanan tiket ASDP melalui website dengan melakukan pembayaran tiket menggunakan BRIVA melalui channel BRI.
"Tentu pengguna jasa akan dimudahkan, karena pembelian dapat dilakukan dimana saja, tidak ada maksimum pembelian tiket, bebas antri, akses pembayaran lebih mudah dan mendapatkan fasilitas gate dan ruang tunggu khusus di pelabuhan bagi pengguna jasa yang membeli tiket via online," katanya.
Selain itu, kerjasama ini juga akan mendorong pengelolaan layanan keuangan ASDP agar lebih efektif dan efisien yang host to host dengan sistem BRI. Sebagaimana yang diungkapkan Hari, BRI siap melayani ASDP melalui layanan perbankan yang teintegrasi dari hulu ke hilir untuk semua lini bisnis ASDP di seluruh Indonesia.
Kegiatan ini juga akan mendukung akselerasi program cashless society atau Gerakan Nasional Non-Tunai yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan RI.
Tidak hanya itu, kerjasama ini juga diharapkan mampu meningkatkan mobilitas masyarakat yang tinggal di pesisir atau di daerah tepian perairan sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan.
Â
Â

