ANALIS MARKET (11/10/2018) : Harga SUN Diproyeksi Bervariasi Seiring Bervariasinya Sentimen dari Pasar Keuangan Global

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pada perdagangan hari ini, Kamis (11/10/2018), diperkirakan harga Surat Utang Negara (SUN) akan bergerak bervariasi di tengah cukup bervariasinya sentiman dari pasar keuangan global.

Demikian diungkapkan analis fixed income MNC Securities, I Made Adi Saputra dalam laporan riset harian yang dirilis Kamis (11/10/2018).

“Pergerakan nilai tukar Rupiah kami perkirakan akan kembali mengalami penguatan di tengah pelemahan mata uang Dollar Amerika terhadap mata uang utama dunia. Penguatan nilai tukar Rupiah tersebut akan menjadi katalis positif bagi pasar Surat Utang Negara. Selain itu, penurunan imbal hasil US Treasury juga akan menjadi katalis positif bagi pergerakan harga Surat Utang Negara pada perdagangan hari ini. Hanya saja, koreksi yang cukup besar pada pasar saham Amerika Serikat kami khawatirkan akan membatasi potensi kenaikan lanjutan harga Surat Utang Negara pada perdagangan hari ini,” terang I Made.

Secara teknikal, lanjut I Made, kenaikan harga Surat Utang Negara yang terjadi pada perdagangan kemarin (10/10), belum mampu merubah arah tren pergerakan harga Surat Utang Negara.

“Harga Surat Utang Negara saat ini dalam jangka pendek masih bergerak pada tren penurunan harga yang didapati pada sebagian besar seri Surat Utang Negara,” ujarnya.

Rekomendasi :

Dengan kondisi pasar surat utang yang kami perkirakan masih akan bergerak berfluktuasi, maka kami masih menyarankan kepada investor untuk fokus pada Surat Berharga Negara dengan tenor pendek dan menengah yang masih menawarkan tingkat imbal hasil yang cukup menarik dengan tingkat risiko fluktuasi harga yang lebih rendah dibandingkan dengan tenor panjang.

Beberapa seri Surat Berharga Negara yang dapat menjadi pilihan diantaranya adalah *ORI013, ORI014, SR008, SR009, FR0036, FR0053, FR0061, FR0043, FR0063, FR0070, FR0077, FR0059, dan FR0042. 

PT Pemeringkat efek Indonesia menetapkan peringkat "idBBB" terhadap PT Waskita Toll Road beserta Medium Term Notes yang akan diterbitkan.