Hyundai Motor Kembali Hentikan Operasional Pabrik di Tiongkok

foto: istimewa

Pasardana.id - Hyundai Motor telah menghentikan operasional salah satu pabriknya di Tiongkok pada Selasa (5/9/2017), setelah salah satu pemasok Hyundai menolak untuk menyediakan komponen yang diperlukan untuk berproduksi akibat terjadinya penundaan pembayaran. Kejadian tersebut merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam dua pekan terakhir.

Seperti diwartakan Reuters, masalah dengan pemasok yang dialami pabrik dari hasil patungan dengan mitra lokal BAIC Motor Corp menambah kesulitan yang dihadapi Hyundai di Tiongkok. Hyundai sebelumnya telah mengalami penurunan penjualan yang signifikan seiring meningkatnya ketegangan diplomatik antara kedua negara.

Hyundai-BAIC baru saja kembali mengoperasikan empat pabrik dari hasil patungan di Tiongkok pada 30 Agustus lalu, setelah masalah stok komponen membuat produksi terhenti selama seminggu. Namun kemudian permasalahan dengan pemasok kembali berulang.

Pemasok dari Perancis menolak menyediakan tangki bahan bakar akibat terjadinya gagal bayar. Lalu pemasok lain menolak menyediakan komponen sistem asupan udara, menyebabkan penghentian operasional salah satu pabrik. Saat ini hanya tiga pabrik hasil patungan yang masih beroperasi.

Dengan permasalahan yang ada, Hyundai telah mengganti kepala operasional pabrik di Tiongkok dengan Tao Hung Than.