Hyundai Kembali Catatkan Penurunan Raihan Laba

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Hyundai Motor kembali mencatatkan penurunan raihan laba, telah 14 kuartal beruntun penurunan berlangsung. Seperti dilansir Reuters, Hyundai Motor pada Rabu (26/7/2017) melaporkan laba bersih sebesar 817 miliar won, atau sekitar US$729,14 juta, pada kuartal kedua 2017.

Jumlah tersebut turun 51 persen dari laba setahun lalu. Para analis sebetulnya memperkirakan laba Hyundai Motor dapat mencapai 1,35 triliun won.

Dalam laporan yang dirilis, juga disebutkan bahwa laba operasional mencapai 1,34 triliun won dan penjualan 24,31 triliun won pada kuartal kedua tahun ini. Penjualan di Tiongkok anjlok 29 persen pada semester pertama 2017 karena Hyundai Motor mengutamakan penjualan unit berjenis sedan sedangkan konsumen Negeri Panda lebih menginginkan SUV (sport utility vehicles).

Lemahnya brand image Hyundai Motor menyebabkan timbulnya kesulitan menghadapi persaingan dengan kompetitor global seperti Honda Motor, Toyota Motor, dan General Motors (GM). GM pada Selasa (25/7/2017) menyatakan telah mencapai rekor penjualan di Tiongkok pada kuartal kedua 2017.

Hyundai Motor pada akhir Agustus mendatang berencana untuk membuka pabrik baru di Chongqing, dengan harapan meningkatkan penjualan di Tiongkok terutama di kawasan barat daya negara tersebut.

Di Amerika Serikat, penjualan Hyundai Motor pada semester pertama 2017 anjlok 7,4 persen, setelah sedan Sonata produksi Hyundai Motor kalah bersaing dengan mobil SUV yang dijual perusahaan otomotif lainnya.